Pelantikan Rektor UI periode 2019-2024, Ari Kuncoro.  Foto:  Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Pelantikan Rektor UI periode 2019-2024, Ari Kuncoro. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Ari Kuncoro Resmi Jabat Rektor UI

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 04 Desember 2019 13:16
Depok:Ari Kuncoro resmi menjabat sebagai Rektor Universitas Indonesia periode 2019-2024. Ia menggantikan Rektor sebelumnya Muhammad Anis.
 
Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Nomor 02/SK/MWA-UI/2019 tentang Pemberhentian Rektor UI Periode tahun 2014-2019 dan Pengangkatan Rektor UI Periode tahun 2019-2024. Rektor anyar UI Ari dalam sambutannya mengapresiasi apa yang sudah dibangun oleh Rektor sebelumnya, yakni social capital.
 
Ia pun menegaskan, bakal melanjutkan apa yang sudah ada. "Rektor berikutnya itu bukan pemenang. Hanya melanjutkan memupuk social capital. Social capital Itu kumpulan jejaring manusia. Ujungnya manusia," kata Ari dalam sambutannya di pelantikan Rektor UI 2019-2024, di Kampus UI Depok, Rabu, 4 Desember 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Apapun kebijakannya, harus memperhatikan akar budaya dari manusia-manusia yang akan melakukan kebijakan dan yang akan menerima kebijakan," imbuhnya.
 
Sementara itu rektor sebelumnya, Muhammad Anis dalam kesempatan ini berpamitan kepada semua pihak yang selama dua periode ia menjadi rektor telah bekerja sama untuk membangun dan memajukan Universitas Indonesia. "Dengan kerendahan hati saya mohon undur diri disertai permohonan maaf sebesar besarnya atas salah khilaf saya. Saya juga mohon maaf atas harapan berbagai pihak yang belum berhasil. Tapi saya yakin percaya bersama Prof. Ari Kuncoro UI akan lebih maju," ujarnya.
 
Sebelumnya, Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D ditetapkan sebagai rektor terpilih Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UI ini terpilih setelah melalui proses pemilihan suara, usai debat publik calon rektor UI di Makara Art Center, Kampus UI, Depok, Rabu, 25 September 2019.
 
Dari total 23 suara pemilih, Ari mendapatkan 16 suara. Sementara Abdul haris mendapatkan tujuh suara dan Budi Wiweko nol. Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) UI, Saleh Husin mengatakan, jalan pemungutan suara (voting) akhirnya dipilih, setelah disepakati di dalam rapat paripurna.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif