Pakar hukum tata negara Universitas Andalas (Unand) Feri Amsari. Medcom.id/Siti Yona Hukmana
Pakar hukum tata negara Universitas Andalas (Unand) Feri Amsari. Medcom.id/Siti Yona Hukmana

Nadiem Bentuk Tim Bayangan Dinilai karena Birokrasi Kemendikbudristek Lambat

Ilham Pratama Putra • 28 September 2022 11:08
Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim membuat tim bayangan untuk membangun ekosistem layanan teknologi pendidikan. Pakar hukum tata negara Universitas Andalas (Unand) Feri Amsari menilai hal itu lazim apalagi bila birokrasi di Kemendikbudristek lambat.
 
"Jadi, jika tidak ada yang dilanggar bisa saja menteri tidak salah apalagi kalo birokrasi di kementeriannya lambat dan bermasalah," kata Feri kepada Medcom.id, Rabu, 28 September 2022.
 
Feri menyebut tidak efektif bila Nadiem melakukan reformasi birokrasi terlebih dahulu. Sebab, hal itu memakan waktu lama dan berpotensi menimbulkan masalah lebih besar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika dia (Nadiem) rombak malah akan menimbulkan masalah yang lebih besar. Birokrasi memang jadi permasalahan serius yang merepotkan banyak orang bahkan juga menteri," tutur dia.
 
Feri menyebut keberadaan tim bayangan tak melanggar undang-undang dan administrasi bila tak merugikan negara. "Tetapi, jika ada pelanggaran itu maka tentu itu merusak ekosistem kerja dan merugikan keuangan negara," ujar dia.
 
Baca juga: Pembentukan Tim Bayangan Nadiem Tak Masalah Asal... 

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif