Fasilkom, Fakultas Kaya Prestasi di Universitas Esa Unggul
Ilustrasi - Medcom.id
Jakarta: Banyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang sudah menorehkan prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Di Universitas Esa Unggul (UEU), terdapat fakultas yang sering mengukir prestasi yakni Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom).

Fasilkom UEU punya mata kuliah robotik. Mahasiswa Fasilkom banyak menorehkan prestasi, teranyar, pada Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang diselenggarakan pada 2017.


"Fasilkom Universitas Esa Unggul kemarin juara 2 lomba KRTI," kata Kepala Biro Marketing Komunikasi Universitas Esa Unggul Rendy Zubhan Ramadhani saat berbincang dengan Medcom.id, Jakarta.

Gelaran KRTI yang dihelat pada 18-20 Oktober 2017, mahasiswa Fasilkom UEU terbaik kedua kategori desain robotik. Mereka menampilkan robot perkebunan yang dirancang untuk penyerbukan sehingga memudahkan petani yang punya perkebunan skala besar.

"Modelnya seperti drone. Ketika terbang dan melintas di atas lahan pertanian akan mengeluarkan serbuk-serbuk untuk membantu proses perkebunan dan pertanian," jelas Rendy.

Tim Robotik Fasilkom UEU merancang robot tesebut selama enam bulan. Mereka bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) sehingga tim robotik Esa Unggul harus bolak balik Jakarta-Yogyakarta untuk menyempurnakan desain robot.

Sewaktu pengerjaan, banyak rintangan yang dialami tim robotik UEU, utamanya kendala teknis. Hal itu terjadi ketika mereka menguji coba drone tersebut.

"Uji coba drone-nya di depan kampus. Ketika itu angin kencang sehingga drone ikut terbawa angin hingga ke jalan tol," kisah Rendy.

Tetapi segala usaha akhirnya terbayarkan ketika tim robotik UEU dinobatkan sebagai runner up pada gelaran KRTI 2017. 

Lantaran fakultas langganan juara, Fasilkom UEU jadi banyak peminatnya. Terlebih era digital yang saat ini tengah berkembang membuat Fasilkom UEU digandrungi siswa-siswa SMA tingkat akhir.

Universitas yang memiliki slogan Smart, Creative, Entrepreneurial ini punya 10 fakultas. Untuk Fasilkom, ada dua jurusan yakni Sistem Informasi yang terakreditasi B dan Teknik Informatika yang memiliki akreditasi A.



(HUS)