Kampus Undip. DOK Undip
Kampus Undip. DOK Undip

Undip Buka Kelas Internasional untuk 15 Prodi, Tertarik Daftar?

Pendidikan Kelas Internasional UNDIP Program studi
Renatha Swasty • 28 April 2022 11:34
Jakarta: Universitas Diponegoro (Undip) terus menyiapkan lulusan yang siap bersaing global. Salah satunya dengan membuka program kelas internasional yakni International Undergraduate Program (IUP).
 
“Terlebih dengan dengan adanya kelas internasional program Sarjana S1 IUP menjadikan kualitas lulusan menjadi lebih unggul dan berdaya saing global,” kata Kepala Pusat Admisi dan Promosi Pendidikan Undip Bambang Cahyono dikutip dari laman undip.ac.id, Kamis, 28 April 2022.
 
Bambang menuturkan saat ini ada 15 program studi (prodi) yang telah membuka kelas internasional, yakni Hukum, Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi. Kemudian, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Sipil, dan Perencanaan Wilayah dan Kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selanjutnya, Sastra Inggris, Ilmu Komunikasi, Administrasi Bisnis, Ilmu Pemerintahan, dan Administrasi Publik. Lalu, Biologi dan Kimia.
 
Dia menuturkan prodi yang membuka kelas internasional ialah yang memiliki akreditasi internasional. Bambang menyebut dari 15 prodi itu, 13 prodi sudah berakreditasi internasional dan 2 prodi menyusul terakreditasi internasional tahun ini.
 
Bambang menjelaskan sistem pembelajaran yang diterapkan pembelajaran berorientasi luaran (OBE) adalah pendekatan sistem pendidikan dan metode pembelajaran di mana luaran menjadi fokus dan hasilnya dapat dilihat dari proses belajar. Misalnya prestasi mahasiswa di akhir perkuliahan dan kualitas lulusan.
 
Dia menyebut kualitas lulusan Undip banyak diserap dunia kerja. Hal itu terbukti dari pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) Asia Ranking 2022 yang menempatkan Undip nomor satu di kategori Graduate Employability Rankings 2022.
 
Kategori tersebut memilih perguruan tinggi yang berhasil mencetak lulusan berkompetensi dengan prospek kerja tinggi atau lulusan siap kerja terbaik.
 
Bambang menyebut lulusan Program IUP juga memiliki kesempatan memperoleh double degree dari Undip dan universitas luar yang sudah bekerja sama dengan Undip. Pendaftaran Program Sarjana S1 Internasional (International Undergraduate Program-IUP) dibuka mulai 8 Maret-9 Mei 2022.
 
Adapun materi yang diujikan meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS). Meliputi Figural, Verbal, Logika, Numerik, juga Diponegoro English Test (Prediction Toefl) dan Wawancara dalam bahasa inggris.
 
Baca: 3 Program Studi FPP Undip Raih Akreditasi Internasional
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif