mendikbud, Nadiem makarim. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
mendikbud, Nadiem makarim. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama

Mahasiswa Bisa Diberdayakan Jadi 'Serdadu' Pariwisata

Pendidikan kebudayaan
Ilham Pratama Putra • 28 Februari 2020 17:46
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengatakan, Kampus Merdeka juga mampu mendorong pengembangan daerah. Dia meminta Dinas Kebudayaan memanfaatkan mahasiswa untuk menjadi 'serdadu' pariwisata.
 
"Mohon jangan sia-siakan kesempatan ini. Pikirkan, bagaimana mendapat serdadu-serdadu terbaik S1 untuk bantu Bapak-Ibu mengerjakan dan kembangkan semua hal," kata Nadiem di Hotel Grand Sahid Jakarta, Jumat 28 Februari 2020.
 
Proyek pengembangan di daerah, khususnya dalam sektor Kebudayaan ini nantinya bisa diarahkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan. Dia meminta Kepala Dinas melanggengkan, jika ada mahasiswa yang mengajukan pengembangan daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misal, ada program pengembangan daerah yang berupa project buat mahasiswa. Kalau Kementerian yang Approved, semua anak-anak mahasiswa bisa apply. Kalau diterima maka mereka akan dapat full credit," kata dia.
 
Baca juga:Nadiem Usul Seluruh Sekolah Pakai Baju Daerah
 
Hal tersebut juga merupakan basis dari program penguatan karakter. Saat itu, penguatan karakter menjadi project based learning.
 
Dia berharap pengembangan yang dilakukan mahasiswa akan berdampak sosial dan bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Dengan begitu, secara tidak langsung mahasiswa juga bakal diuji kemampuannya.
 
Tidak melulu pasif hanya berada di dalam kelas. "Kita tidak duduk saja di kampus, dengerin saja orang bicara secara pasif. Ayo kita tes, bisa enggak di lapangan berhasil berdampak. Itu adalah poin Kampus Merdeka," Kata Nadiem.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif