Rektor Undip, Yos Johan Utama.  Foto:  Undip/Humas
Rektor Undip, Yos Johan Utama. Foto: Undip/Humas

Undip Sepakat Puan Maharani Layak Terima Honoris Causa

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Mustholih • 13 Februari 2020 18:30
Semarang: Universitas Diponegoro (Undip, Semarang, Jawa Tengah akan menganugerahkan gelar Doktor Honoris Causa kepada Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Puan Maharani. Sidang penganugerahan gelar doktor kehormatan ini akan dipimpin langsung oleh Rektor Undip, Yos Johan Utama.
 
"Beliau merupakan tokoh ketiga belas yang meraih gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro sejak berdiri 63 tahun yang lalu," kata Rektor Undip, Yos Johan Utama, di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Rencananya, pengukuhan gelar Doktor Honoris Causa Puan Maharani digelar pada pukul 13.00 WIB, Jumat, 14 Februari 2020, di Kampus Undip, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Menurut Yos, Puan akan meraih gelar Doktor Honoris Causa pada bidang Kebudayaan dan Kebijakan Pembangunan Nasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Usulan itu diajukan oleh Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Ilmu Budaya dan direkomendasikan oleh banyak pihak, di antaranya Muhadjir Effendy, Mohammad Mahfud MD, dan Mohammad Sobary," ujar Yos seraya menambahkan usulan gelar doktor itu diajukan sejak Puan Maharani menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.
 
Setelah melalui serangkaian kajian dan telaah, kata Johan, Senat Akademik Undip bersepakat menyetujui Puan Maharani memperoleh gelar Doktor Honoris Causa. "Beliau layak dan patut. Ibu Puan Maharani telah berkontribusi signifikan terhadap kemajuan, kemakmuran, dan kesejahteraan bangsa, negara, dan umat manusia," jelas Johan.
 
Menurut Yos, Puan Maharani punya peran besar dalam kebijakan penyusunan sejumlah produk hukum. Antara lain Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan Indonesia dan Peraturan Pemerintah Nomor 2 tahun 2015 tentang Peraturan pelaksanaan undang-undang nomor 7 tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif