Salah satu bagian sekolah yang rusak di Klender, Jakarta Timur, MI/Arya Manggala.
Salah satu bagian sekolah yang rusak di Klender, Jakarta Timur, MI/Arya Manggala.

Biaya Pendidikan di Indonesia Lebih Mahal dari Prancis

Pendidikan Biaya Pendidikan
Intan Yunelia • 03 Mei 2019 18:14
Jakarta: Biaya Pendidikan yang tinggi masih menjadi masalah di Indonesia. Indonesia termasuk negara dengan biaya pendidikan termahal di dunia.
 
Dilansir dari HSBC Global Report 2017, rata-rata orangtua mengeluarkan biaya untuk Pendidikan setiap satu anaknya mulai dari PAUD hingga sarjana mencapai Rp269 Juta. Jumlah ini menempatkan Indonesia di urutan ketiga setelah Singapura dan Malaysia di negara ASEAN.
 
Di dunia, Indonesia menempati urutan ke-13 sebagai negara dengan biaya pendidikan termahal di dunia. Bahkan biaya pendidikan di Indonesia lebih mahal dari pada biaya Pendidikan di Prancis yang hanya Rp237 Juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Urutan pertama biaya Pendidikan termahal adalah Hongkong Rp 1,8 Miliar, disusul dengan Uni Emirat Arab (UAE) Rp1,4 Miliar, Singapura Rp1 Miliar, USA Rp832 Juta, Taiwan Rp803 Juta, Tiongkok Rp610 Juta, Australia Rp518 Juta, Malaysia Rp362 Juta, UK dan Mexico Rp354 Juta, Canada Rp324 Juta, India Rp321 Juta, Indonesia Rp269 Juta, Egypt Rp240 Juta dan Perancis Rp237 Juta.
 
Baca: Pemerintah Siapkan Tiga Peta Jalan Pemajuan Pendidikan
 
Menanggapi laporan tersebut, Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Ravik Karsidi mengatakan, angka itu tak selalu bisa dijadikan acuan. Perbedaan biaya pendidikan masing-masing negara bisa diukur dari tingkat daya beli masyakaratnya.
 
Angka tersebut bisa dikatakan mahal karena daya beli masyakarat Indonesia yang masih rendah. Namun, jika dihitung biaya per universitas, di Indonesia masih terbilang murah.
 
"Kalau dibandingkan dengan negara yang lain itu perbandingan daya beli masyarakatnya bisa barangkali. Tapi kalau sisi angkanya saya agak meragukan," tutur Ravik
 
Tak hanya itu, dalam laporan tersebut juga menyebutkan bahwa sebanyak 89 persen orangtua di Indonesia membayar biaya pendidikan anaknya secara mandiri tanpa dibantu pemerintah atau beasiswa. Angka tersebut mengalahkan proporsi Pendidikan di Inggris yang hanya 71 persen, Prancis 76 persen dan USA 77 persen.
 
Sebanyak 91 persen orangtua di Indonesia mempertimbangkan anaknya untuk melanjutkan studi pascasarjana. Menurut para orangtua penting bagi anak mereka untuk mendapatkan pekerjaan penuh waktu di Indonesia. Angka tersebut merupakan urutan kedua di mana seri dengan Tiongkok urutan pertama yang juga 91 persen.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif