Penandatangan MoU antara Kemendikbud dengan sejumlah industri perhotelan di Lampung. Foto: Tangkapan layar.
Penandatangan MoU antara Kemendikbud dengan sejumlah industri perhotelan di Lampung. Foto: Tangkapan layar.

Kemendikbud Gandeng Sejumlah Industri Perhotelan di Lampung

Pendidikan Pendidikan Vokasi Program Pendidikan Vokasi
Ilham Pratama Putra • 27 November 2020 10:11
Jakarta: Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras Dudi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng sejumlah industri perhotelah di Lampung. Perjanjian kerja sama ini agar peserta didik vokasi khususnya perhotelan mendapat ruang pelatihan dari industri hotel.
 
"Semoga pengembangan dari Memorandum of Understanding ini menjadi lembaga bagi anak didik kita agar terlibat langsung dalam dunia kerja," ujar Direktur Aidia Grande, Eko Desriyanto, dalam Penandatanganan Kerja Sama antara Satuan Pendidikan Vokasi di Bandar Lampung dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Kamis, 26 November 2020.
 
MoU ini disambut baik oleh Direktur Kursus dan Pelatihan Mitras Dudi, Wartanto. Menurutnya, kerja sama ini adalah bukti sinergi dan kerja sama antara pendidikan vokasi dengan dunia industri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selanjutnya apa yang bisa dilakukan dengan hadirnya MoU? kita saling berkolaborasi sebagai teaching factory. Kita jadikan kerja sama ini untuk menunjukkan siswa bisa dilatih dan belajar secara tuntas," kata Wartanto.
 
Dia berharap kolaborasi sejenis bisa dapat terus dilakukan. Hal ini guna mempercepat tumbuhnya Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.
 
Baca: IPB Jalin Kerja Sama dengan Polissia National University Ukraina
 
Selain itu, Wartanto juga mengingatkan agar dunia industri juga menyentuh tenaga pengajar. Dia berharap dunia industri tak hanya menyentuk peserta didik, namun juga guru.
 
"Karena banyak guru yang belum ditingkatkan kompetnsinya untuk mengikuti perkembangan dunia kerja. Padahal guru berperan membentuk siswa kita," ungkapnya.
 
Dia berharap, kedepan lulusan vokasi benar-benar siap berada di industri. Satuan pendidikan vokasi tak hanya melihat berapa banyak meluluskan siswa, tapi melihat berapa banyak dari lulusan yang bisa diterima bekerja.
 
Selain Aidia Grande, terdapat beberapa industri perhotelan lainnya yang turut dalam kerja sama ini. Diantaranya The Groove Suite Hotel, Swisbell Hotel Lampung hingga Himpunan Manager Pelatihan Perhotelan Indonesia (HMPPI).
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif