Rektor UGM Panut Mulyono. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Rektor UGM Panut Mulyono. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Ruang Lingkup Luas dan Strategis, Kemendikbudristek Emban Tugas Berat

Pendidikan Riset dan Penelitian Perguruan Tinggi UGM
Ilham Pratama Putra • 30 April 2021 15:13
Jakarta: Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono mengatakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki amanah cukup berat. Sebab, ruang lingkup kementerian ini cukup 'gemuk'.
 
"Kemendikbudristek merupakan kementrian yang besar dan sangat strategis menentukan percepatan kemajuan bangsa," kata Panut kepada Medcom.id, Jumat, 30 April 2021.
 
Panut berharap kebijakan-kebijakan yang tepat bisa diambil demi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang unggul. Perbaikan kualitas pendidikan menjadi hal utama.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, pekerjaan rumah terbesar dan harus diselesaikan cepat yakni memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia yang masih relatif tertinggal dibanding banyak negara lain. Hal itu ditunjukkan dengan ukuran-ukuran pemeringkatan internasional yang ada.
 
Baca: FRI Berharap Ada Peta Jalan Riset yang Komprehensif
 
"Riset, teknologi, dan inovasi juga merupakan hal yang sangat penting untuk mendorong kemajuan ekonomi Indonesia berbasis Iptek dari yang selama ini lebih berbasis pada sumber daya alam," ungkapnya.
 
Menurut Panut, iklim Ristek dan inovasi di Indonesia akhir-akhir ini sudah mulai menggeliat. Namun, harus lebih ditingkatkan lagi lewat koordinasi kementerian dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).
 
"Maka koordinasi antara Kemdikbudristek yang di dalamnya ada perguruan tinggi dengan BRIN harus sangat baik karena perguruan tinggi memiliki SDM riset yang besar dan berkesinambungan," tuturnya.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif