Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
Ilustrasi. Foto: Medcom.id/Nur Azizah

Penataan Jalan Belum Ramah Anak

Pendidikan perlindungan anak kota layak anak
Ilham Pratama Putra • 12 Oktober 2020 16:39
Jakarta: Deputi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Lenny Rosalin mengatakan penataan infrastruktur jalan belum memiliki fasilitas bermain untuk anak. Padahal, menurut dia, desain jalanan mestinya tetap ramah terhadap anak.
 
"Bagaimana infrastruktur jalan menjadi ruang publik yang aman bagi anak dalam kehidupan sehari-hari. Harus ada upaya menata jalan," kata Lenny dalam diskusi daring, Senin 12 Oktober 2020.
 
Lenny mengatakan, ruang bermain itu bisa dibuat di pinggir jalan. Mulai dari taman, hingga trotoar yang diperlebar sebagai ruang aktivitas bagi anak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini, Lenny melihat ketersediaan ruang bermain anak di dekat jalan masih sangat minim. Akibatnya saat anak berada di jalan, malah berpotensi membuat mereka kehilangan nyawa.
 
"Sebaliknya, infrastruktur jalan banyak yang berbahaya bagi anak kita. Anak main di jalan itu sudah tidak terhindarkan, anak tidak kebal bahaya, dari sana kita sediakan ruang mereka agar terhindar dari bahayanya," ungkapnya.
 
Baca:Kompetisi Sains Nasional Jenjang SMA 2020 Resmi Dibuka
 
Dia melihat saat ini masih banyak anak yang memanfaatkan jalan untuk bermain sepak bola hingga bulu tangkis. Apabila ada ruang di sisi jalan berupa taman atau trotoar yang diperlebar, kata dia, anak tidak perlu tumpah ke jalanan untu sekadar bermain.
 
Catatan Lenny, Setidaknya 500 anak meninggal setiap hari karena penataan jalan yang berbahaya. Desain jalan yang ramah bermain ini menurutnya harus dikaji pemerintah. Sebab, jika satu fasilitas telah ramah anak, maka fasilitas tersebut juga akan ramah terhadap seluruh kalangan usia.
 
"Hal ini sekaligus memberi kesempatan bagi anak untuk mengembangkan potensi mereka semaksimal mungkin," ungkap Lenny.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif