Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

IAIN Surakarta Perpanjang Tenggat Pembayaran UKT

Pendidikan Pendidikan Tinggi Perguruan Tinggi
Triawati Prihatsari • 04 Januari 2021 19:58
Solo: Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Mudofir memutuskan untuk memperpanjang waktu pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga 22 Januari 2021. Sebelumnya, batas pembayaran UKT ditentukan hingga 8 Januari 2021.
 
"Diputuskan (UKT) untuk diperpanjang hingga tanggal 22 Januari 2021," ujar Mudofir di Solo, Senin, 4 Januari 2021.
 
Tagar #rapormerahIAINSurakarta sempat menjadi trending topik di media sosial Twitter Minggu malam, 3 Januari 2020. Menurutnya, gerakan tersebut berujung pada tuntutan aliansi mahasiswa bebas merdeka (Ambar) IAIN Surakarta terkait perpanjangan tenggat pembayaran UKT.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terkait dengan hastag #rapormerahIAINSurakarta itu merupakan kesalahpahaman. Ujungnya memang minta perpanjangan waktu pembayaran UKT," ujarnya.
 
Mudofir juga menduga gerakan di media sosial tersebut bermaksud meminta potongan UKT. Namun, Mudofir belum dapat memastikan bisa atau tidak mengabulkan tuntutan pemotongan UKT. 
 
"Karena kalau untuk pemotongan UKT itu bukan wewenang Rektor, melainkan dari Kemenag (Kementerian Agama). Namun kami akan mengusulkan bersama rektor lainnya dengan pertimbangan pandemi," ujarnya.
 
Baca: Ikatan Alumni UPI Usulkan Pembelajaran Tatap Muka Ditunda
 
Dia mengakui, viral tagar tersebut memberi kesan kalau kondisi IAIN Surakarta tidak stabil. Namun, ia memastikan kondisi kampus stabil, bahkan telah kembali melahirkan sembilan guru besar dalam kurun waktu satu tahun terakhir. 
 
"Ini jalan damai sudah dilakukan. Namun penegakan kode etik tetap dijalankan untuk memberikan pelajaran. Dan kami ada dewan kode etik mahasiswa untuk memulai hal itu," ungkapnya. 
 
Sementara itu, Koordinator Ambar IAIN Surakarta, Hamzah Sidik mengklaim, tindakan dia bersama mahasiswa lain dengan membuat hastag #rapormerahIAINSurakarta merupakan bentuk dukungan bagi pimpinan IAIN Solo.
 
"Kami sebenarnya bangga dengan IAIN Surakarta. Dan ini merupakan bentuk dukungan kami agar IAIN menjadi lebih baik menuju peralihan menuju UIN," kata Hamzah.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif