Pemerhati pendidikan, Najeela Shihab. Zoom
Pemerhati pendidikan, Najeela Shihab. Zoom

Pemerhati: Pendidikan Pancasila Sering Terlewatkan

Pendidikan pendidikan pancasila
Ilham Pratama Putra • 17 Juni 2020 15:00
Jakarta: Pemerhati penddidikan Najeela Shihab menyebut guru dan orang tua kerap melewatkan pendidikan pancasila. Akhirnya, banyak kompetensi dari nilai pancasila yang tak dapat tercapai oleh anak.
 
"Kita banyak melewatkan kesempatan yang berharga dalam penerapan pancasila untuk menumbuhkan kompetensinya. Yang sering melewatkan ini guru dan orang tua," kata Najeela dalam Webinar Peringatan Hari Lahir Pancasila, Rabu, 17 Juni 2020.
 
Menurutnya, penerapan Pancasila kerap terlewatkan karena guru dan orang tua selalu menunggu dan mencari momentum dalam menghidupkan Pancasila. Padahal, nilai Pancasila harus dipupuk terus-menerus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena sering menunggu momen, misal hari lahir Pancasila atau apa, baru menyebut apa itu Pancasila. Padahal banyak kesempatan sehari-hari bisa muncul bisa untuk menjiwai Pancasila," ujar Najeela.
 
Pendiri sekolah Cikal itu mengungkapkan, mencapai kompetensi pancasila bukan sekadar hafal lima sila yang ada di dalamnya. Namun, harus ada implementasi pada nilai dasar yang dikandung Pancasila itu sendiri.
 
Baca:Kebijakan Pendidikan Saat Pandemi Tak Sentuh Kualitas Pembelajaran
 
Najeela berharap pendidikan Pancasila dapat dilakukan lebih masif kedepan. Menurutnya, pendidikan Pancasila sangat penting dalam membangun karakter anak.
 
"Nilai sederhana saja, saling peduli, bergotong royong, memiliki rasa kemanusiaan. Ini yang harus dibangun dalam ruang kelas dan ruang keluarga kita sebagai pendidikan yang esensial bagi anak kita," ujarnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif