Ujian skripsi daring mahasiswa UNS.  Foto: Dok. UNS
Ujian skripsi daring mahasiswa UNS. Foto: Dok. UNS

Cegah Korona, Mahasiswa UNS Ujian Skripsi Daring

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi Pembelajaran Daring
Ilham Pratama Putra • 07 April 2020 08:08
Jakarta: Mahasiswa dari berbagai fakultas di lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta telah menjalani ujian skripsi lewat daring. Hal ini dilakukan untuk pencegahan penyebaran covid-19 di lingkungan Kampus UNS.
 
Sebut saja ujian skripsi dari di Program Studi (Prodi) Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNS berjalan dengan lancar pada Rabu, 1 April 2020. Fajar Sang Sinatra, mahasiswa Prodi Administrasi Negara berhasil mempresentasikan skripsi di hadapan penguji yang terdiri dari Rino Ardhian Nugroho, Ph.D, Dr. Asal Wahyuni Erlin Mulyadi, dan Sudaryanti, M.Si.
 
"Adapun skripsi yang dipresentasikan dan dipertahankan oleh mahasiswa Prodi Administrasi Negara dengan nama Fajar Sang Sinatra tersebut berjudul Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompensasi dan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Pegawai PDAM Kota Surakarta," terang Pelaksana Humas FISIP UNS, Maryani, dalam keterangan tertulis, Selasa, 7 April 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Perdana, Unpad Gelar Sidang Skripsi Secara Daring
 
Maryani menambahkan, ujian skripsi melalui daring ini sesuai dengan Surat Edaran (SE) Dekan Nomor 1232 /UN27.05/KP/2020. SE ini mengatur tentang penyelenggaraan kegiatan ujian skripsi secara daring, sebagai upaya menyikapi kewaspadaan dini, kesiapsiagaan serta tindakan mengantisipasi pencegahan penyebaran infeksi covid-19.
 
Dengan berlangsungnya ujian skripsi secara daring tersebut, diharapkan dapat memacu mahasiswa dari Prodi lain untuk dapat menyelesaikan skripsinya di tengah suasana pandemi covid-19, Menggelar ujian skripsi daring juga dapat mempersingkat masa studi mahasiswa di FISIP UNS, karena mahasiswa tidak perlu menunggu hingga semester depan.
 
Sementara itu, di Prodi Arsitektur Fakultas Teknik (FT) UNS juga telah dilakukan ujian skripsi untuk lima mahasiswa pada tanggal 1 dan 2 April 2020. Koordinator Studio Tugas Akhir Prodi Arsitektur FT US, Yosafat Winarto mengatakan, semua Prodi di FT akan melaksanakan ujian skripsi/Tugas Akhir dengan online.
 
"Yang sudah melaksanakan Prodi Arsitektur pada tanggal 1 dan 2 April 2020 kemarin. Ujian Pendadaran Tugas Akhir untuk lima orang mahasiswa secara online dan semua dinyatakan lulus," ujar Yosafat.
 
Kelima mahasiswa Prodi Arsitektur FT UNS yang telah mengikuti ujian skripsi daring tersebut yaitu Respati Arsy, Lalu Rizki, Elsya Rizkia, Muthia Nur Faizah, dan Muhammad Ghalfadi Alizanda.
Sedangkan salah satu dosen penguji skripsi dari Prodi Arsitektur FT UNS, Kusumaningdyah Nurul Handayani mengatakan, ujian pendadaran online secara keseluruhan berjalan dengan baik.
 
Dengan silih berganti penguji menanyakan poin yang diujikan kepada mahasiswa. "Tentu saja ini menjadi sesuatu yang baru bagi semuanya. Kami berharap badai covid-19 cepat berlalu dan dapat melakukan ujian secara tatap muka langsung," ujar Kusumaningdyah
 
Salah satu mahasiswa Prodi Arsitektur FT UNS angkatan 2015, Respati Arsy mengatakan, pihaknya sangat bersyukur ujian skripsinya secara daring berjalan lancar. Dengan mengambil judul Redesain Asrama Mahasiswa UNS, Arsy mampu mempertahankan skripsinya di hadapan dewan penguji.
 
"Dengan ujian online ini ternyata bisa mengurangi rasa grogi. Kuncinya persiapkan semuanya termasuk jaringan internet harus lancar," ujarnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif