ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani
ilustrasi. Foto: MI/Panca Syurkani

Ketentuan Ujian Sekolah untuk Kelulusan

UN Dibatalkan, Siswa Tetap Dapat Ijazah

Pendidikan Ujian Nasional Virus Korona
Muhammad Syahrul Ramadhan • 24 Maret 2020 19:13
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta siswa yang saat ini berada IX SMP sederajat dan XII SMA/K sederajat untuk tidak khawatir dengan dibatalkannya penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) 2020. Siswa dipastikan akan tetap mendapatkan ijazah, hanya saja nantinya di dalamnya tidak ada nilai UN.
 
"Jadi siswa tetap menerima ijazah, hanya saja enggak ada nilai UN-nya. Di ijazah tidak ada lagi nilai UN,” terang Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Perbukuan, Kemendikbud, Totok Suprayitno, dalam sesi video conference, Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Totok menyampaikan, nantinya nilai yang ada tertulis di ijazah hanya nilai kelulusan yang ditentukan oleh sekolah. “Ijazah berdasarkan nilai kelulusan yang ditentukan sekolah,” ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: UN Setop, Ujian Sekolah Jalan Terus
 
Sementara terkait Ujian Sekolah, Totok menjelaskan bahwa berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 43 tahun 2019 tentang Ujian diselenggarakan sekolah dan Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah diserahkan sepenuhnya ke sekolah. Sehingga bebas dan beragam bentuk penilaiannya.
 
“Permendikbud tentang Ujian Sekolah, yang dimaksud ujian sekolah ini artinya luas, bisa tertulis, portofolio, nilai-nilai rapor akademik, nonakademik, serta portofolio prestasi penghargaan siswa dan lain-lainya,” sebut Totok.
 
Lebih lanjut Totok menerangkan, terkait ujian sekolah secara daring adalah opsi yang dilakukan di tengah kondisi darurat virus Korona. Hanya sekolah yang mampu secara infrastruktur dan SDM saja yang dapat menyelenggarakan dan tidak wajib bagi sekolah yang belum mampu.
 
“Jadi Ujian Sekolah online ini diperuntukkan bagi sekolah yang betul-betul siap. Jadi enggak perlu dipaksakan, kalau enggak siap ya enggak usah US, dalam arti tertulis banyak orang, banyak siswa itu tidak boleh. Kriteria US menggunakan definisi yang luas tadi,” terangnya.
 
Baca juga: UN SMK Terlanjur Digelar, Nadiem Minta Maaf
 
Aturan mengenai Ujian Sekolah untuk kelulusan juga diatur dalam Surat Edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa darurat Penyebaran Coronavirus Disease (covid-2019).
 
Aturan Ujian Sekolah untuk Kelulusan tersebut dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut:
 
a. Ujian Sekolah untuk kelulusan dalam bentuk tes yang mengumpulkan siswa tidak boleh dilakukan, kecuali yang telah dilaksanakan sebelum terbitnya surat edaran ini
 
b. Ujian Sekolah dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapor dan prestasi yang diperoleh sebelumnya, penugasan, tes daring, dan/ atau bentuk asesmen jarak jauh lainnya
 
c. Ujian Sekolah dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna, dan tidak perlu mengukur ketuntasan capaian kurikulum secara menyeluruh
 
d. Sekolah yang telah melaksanakan Ujian Sekolah dapat menggunakan nilai Ujian Sekolah untuk menentukan kelulusan siswa.
 
Bagi sekolah yang belum melaksanakan Ujian Sekolah berlaku ketentuan sebagai berikut:
 
1. Kelulusan Sekolah Dasar (SD)/sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir (kelas IV, kelas V, dan kelas VI semester gasal). Nilai semester genap kelas VI dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan
 
2. Kelulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ sederajat dan Sekolah Menengah Atas (SMA) / sederajat ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas IX dan kelas XII dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan
 
3. Kelulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ sederajat ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktik kerja lapangan, portofolio dan nilai praktik selama lima semester terakhir. Nilai semester genap tahun terakhir dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan

 
(CEU)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif