Pembukaan Kompetisi Sains MAdrasah. Foto: Dok. Kemenag
Pembukaan Kompetisi Sains MAdrasah. Foto: Dok. Kemenag

76.617 Siswa Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021

Pendidikan sains Prestasi Pelajar Madrasah
Citra Larasati • 23 Oktober 2021 12:59
Jakarta:  Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, terus mendorong siswa madrasah untuk dapat mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains. 
 
Direktur KSKK Madrasah, Mohammad Isom mengatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan bakat dan minat bidang sains siswa madrasah dengan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM).  Tahun ini, total pendaftar KSM mencapai 76.617 siswa.
 
“Antusiasme siswa madrasah tahun ini dalam mengikuti KSM sangat bagus, dibuktikan dengan jumlah lebih dari tujuh puluh ribu siswa yang mendaftar kompetisi ini,” tutur Isom di Jakarta, Sabtu, 23 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Isom menerangkan, KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun gairah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. 
 
“Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengolaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam,” terangnya.
 
Baca juga:  Kompetisi Robotik Madrasah 2021 Ditutup, Ini Daftar Pemenangnya
 
KSM Nasional diikuti oleh satu orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi dengan seleksi yang dilaksanakan secara nasional serentak menggunakan sistem yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional berbasis elektronik, eksplorasi dan eksperimen.
 
Penilaian soal KSM dilaksanakan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Komite KSM Nasional dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes. Hasil KSM Nasional dipublikasikan di Portal Resmi KSM dan Portal Resmi Kementerian Agama.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif