Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Integrasi Teknologi dan Pembelajaran Jadi Cara Bersekolah yang Baru

Pendidikan Virus Korona Sekolah Pembelajaran Daring Pembelajaran jarak jauh
Syarief Oebaidillah • 14 Juni 2021 22:57
Jakarta:  Pembelajaran dengan cara daring atau online menjadi sebuah keniscayaan, bahkan diprediksi akan menjadi sistem belajar baru di masa mendatang meski dunia tidak lagi diselimuti pandemi Covid-19. Pembelajaran dengan basis teknologi menjadi mutlak untuk diterapkan.
 
"Saat ini, hampir semua bidang menggunakan teknologi. Karena itu sangat aneh jika saat ini ada sekolah yang tidak menggunakan teknologi dalam pembelajaran," ungkap Indra Charismiadji, Direktur Vox Point Indonesia dalam webinar "How to Succeed in a Cambridge A-Level Program with Online School" yang digelar Bina Bangsa School (BBS). 
 
Menurut Indra, mengintegrasikan kemajuan teknologi dalam proses pembelajaran siswa akan menjadi cara bersekolah yang baru. Menurutnya, ada beberapa faktor yang utama dalam keberhasilan pembelajaran daring, seperti guru dan pedagogi, kurikulum, serta infrastruktur. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pernyataan senada disampaikan Direktur Akademik BBS, Paulus Sia. Menurutnya, pembelajaran dengan sistem daring akan memberikan siswa kesempatan luas untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. 
 
Baca juga:  61 Ribu Peserta SBMPTN Lolos dengan KIP-K, Terbanyak di UNJ
 
Untuk itu Bina Bangsa School memberi kebebasan kepada siswa untuk belajar di manapun dan kapanpun. "Ini akan memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun portofolio mereka, melakukan magang, riset dan melakukan capaian yang lebih besar," ungkap Paulus.
 
Pihaknya, jelas Paulus, memiliki keyakinan untuk meluncurkan program sekolah online berbasis kurikulum Cambridge. Keyakinan itu ungkapnya, didasari beberapa hal seperti BBS telah menjalankan blended learning beberapa tahun sebelum pandemi Covid-19 muncul serta adanya learning management system (LMS) untuk mendukung siswa belajar secara interaktif dan berkolaboratif.
 
Di sisi lain, Kepala Sekolah Secondary BBS, Richard mengatakan satu keunggulan sekolah daring adalah dimungkinkannya personalisasi dalam pembelajaran siswa. "Sekolah daring memungkinkan pembelajaran dilakukan berdasar kemajuan siswa masing-masing," ujarnya.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif