Fotografer Pameran Ilmuan Muda Indonesia, Yoggi Herdani saat membuka acara pameran. Foto:  Medcom.id/Candra Yuri
Fotografer Pameran Ilmuan Muda Indonesia, Yoggi Herdani saat membuka acara pameran. Foto: Medcom.id/Candra Yuri

Mendekatkan Milenial ke Profesi Ilmuwan Lewat Potret

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Candra Yuri Nuralam • 28 November 2019 20:29
Bandung: Direktorat Jenderal Sumberdaya Iptek dan Dikti (SDID), Kementerian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) menggelar pameran foto karya Fotografer Yoggi Herdani dengan tema lmuwan Muda Indonesia. Terdapat 32 ilmuwan muda dalam karya potret yang diambil dari berbagai sudut dan dipamerkan di Galeri Orbital, Dago, Bandung.
 
Fotografer Pameran Foto Ilmuwan Muda Indonesia, Yoggi Herdani mengatakan, acara ini digagas untuk mendongkrak minimnya pengetahuan anak muda di Indonesia tentang dunia dan profesi ilmuwan. Profesi ilmuwan sendiri, kata Yoggi, masih belum cukup populer di kalangan milenial, bahkan profesi ini sering dipandang sebagai bidang yang sulit untuk diselami sembarang orang.
 
"Saya memutuskan memotret ilmuwan muda untuk menumbuhkan semangat anak-anak muda agar tertarik menjadi scientist," kata Yoggi di Galeri Orbital, Dago, Bandung, Rabu 27 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Yoggi berbagi pengalaman saat bertanya kepada sejumlah anak muda di Indonesia. Dia mengatakan bahwa saat ini kaum muda hanya mengetahui Presiden Ketiga BJ Habibie sebagai seorang ilmuwan.
 
"Padahal banyak ilmuwan muda lain di Indonesia yang sangat menginspirasi seperti Pak Habibie, saya ingin kenalkan ke kaum muda bahwa banyak ilmuan yang juga mempunyai karya yang luar biasa," ujar Yoggi.
 
Mendekatkan Milenial ke Profesi Ilmuwan Lewat Potret
Tiga dari 32 karya foto Yoggi Herdani bertema Ilmuwan Muda Indonesia yang dipamerkan diGaleri Orbital, Dago, Bandung. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
 
Dengan pameran ini, dia ingin kaum muda lebih tertarik lagi untuk menjadi ilmuwan. Dia harap, ke depannya, akan ada lebih banyak lagi 'Habibie' terlahir setelah melihat pameran tersebut.
 
"Kita harus menemukan 'Habibie' baru yang ada di Indonesia. Saya yakin itu ada tapi banyak yang belum tahu," tutur Yoggi.
 
Ke-32 orang ilmuwan muda yang fotonya dipajang di pameran ini berusia di bawah 50 tahun.
 
Mereka semua mempunyai rekam jejak hebat dalam riset pendidikan tinggi di Indonesia."Ada 32 orang yang menurut saya luar biasa berdasarkan karyanya yang juga luar biasa dan sudah mengabdikan dirinya untuk ilmu pengetahuan," ucap Yoggi
 
Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Dikti Wilayah IV, Uman Suherman mengapresiasi acara ini. Menurutnya, pameran ini merupakan cara yang menarik untuk mendorong minat anak muda agar bisa mengeluarkan kemampuannya kepada masyarakat.
 
"Saya bangga, bagaimanapun anak muda perlu mengedepankan diri kepada masyarakat umum bahwa kita punya kemampuan, motivasi, dan tantangan membangun bangsa," tutur Uman.
 
Uman juga tidak ingin semangat seperti ini hanya berhenti dalam pameran. Ke depannya, Uman ingin pemerintah menarget kaum muda berpotensi untuk menjadi aset bangsa.
 
"Selain itu juga tolong, identifikasi talenta anak muda yang perlu ditingkatkan," ucap Uman.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif