Ilustrasi seleksi masuk perguruan tinggi negeri. ANT/Indrianto Eko Suwarso.
Ilustrasi seleksi masuk perguruan tinggi negeri. ANT/Indrianto Eko Suwarso.

5.000 Peserta Lolos Seleksi Mandiri UB, Cek di Sini

Pendidikan Pendidikan Tinggi Jalur Mandiri
Daviq Umar Al Faruq • 21 Juli 2019 15:36
Malang:Sebanyak 5.018 calon mahasiswa lolos di jalur Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (UB), Kota Malang, Jawa Timur. Jumlah tersebut diambil dari total peserta tes sebanyak 13.073 peserta.
 
Wakil Rektor I UB, Aulanni'am mengucapkan selamat kepada mahasiswa baru (maba) yang telah diterima di kampus paling diminati di Indonesia tersebut. Bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lolos diminta untuk segera melakukan daftar ulang dan mengunjungi laman selma.ub.ac.id.
 
"Siswa yang terpillih untuk menjadi calon maba UB masih harus mengikuti tes kesehatan untuk beberapa fakultas yang mensyaratkan," kata Aulanni'am, di Malang Minggu 21 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, dari total 13.073 peserta yang mengikuti tes jalur Seleksi Mandiri UB 2019, sebanyak 1.648 peserta dinyatakan gugur lebih dulu karena tidak hadir saat tes yang diselenggarakan pada Senin, 15 Juli 2019 lalu.
 
Jumlah calon mahasiswa yang lolos di jalur Seleksi Mandiri UB ini bertambah dari kuota yang ditetapkan. Sebelumnya, UB telah menentukan pagu Seleksi Mandiri sebanyak 30 persen dari total 13.215 mahasiswa baru 2019.
 
Baca:13 Ribu Calon Mahasiswa Daftar Jalur Mandiri di UB
 
Artinya, jumlah pagu Seleksi Mandiri ada sekitar 3.395 calon mahasiswa. Bertambahnya jumlah calon mahasiswa menjadi 5.018 ini untuk menutupi peserta yang tidak daftar ulang di jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).
 
Prodi Favorit
 
Sedangkan dari 5.018 peserta yang diterima di jalur Seleksi Mandiri UB, terbagi dari kategori sains teknologi (Saintek) sebanyak 3.104 orang, dan kategori sosial humaniora (Soshum) sebanyak 1.914 orang.
 
Dari total peserta yang mengikuti tes, peminat terbanyak saintek adalah Pendidikan Dokter yakni 1.880 orang, dan yang diterima 95 orang. Sedangkan peminat terbanyak soshum yaitu Ilmu Hukum sebanyak 1.637 orang dan diterima 265 orang.
 
Baca:Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UB Tak Pakai UKT
 
"Penilaian jalur Seleksi Mandiri adalah dari nilai tes murni ditambah prestasi lain yang dibuktikan dengan sertifikat prestasi seperti juara seni, olahraga, baca Alquran," kata Wakil Rektor I UB, Aulanni'am.
 
Sementara itu, batas waktu peserta yang lolos Seleksi Mandiri UB untuk melakukan daftar ulang mulai 21 Juli hingga 26 Juli 2019. Bagi peserta yang tidak daftar ulang sampai batas waktu yang ditentukan dianggap mengundurkan diri.
 
Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri UB Tahun 2019 dapat dilihat mulai 20 Juli 2019 pukul 00.00 WIB pada tautan berikut: Hasil Seleksi Mandiri UB
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif