Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Kemendikbud, Muhammad Bakrun (kanan). Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.
Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK), Kemendikbud, Muhammad Bakrun (kanan). Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan.

2.000 SMK Berpotensi Dibekukan Dana BOS-nya

Pendidikan Pendidikan Vokasi
Intan Yunelia • 06 Agustus 2019 18:11
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat ada 4.000 dari 14.247 SMK di Indonesia bermasalah, karena tidak memenuhi standar pendirian SMK. Ribuan SMK tersebut memiliki kurang dari 100 peserta didik, bahkan separuh di antaranya tak genap 60 siswa.
 
“Jadi yang 4.000 itu jumlah siswanya kurang dari 100. Sekarang yang kita fokuskan yang kurang dari 60 dulu, jumlahnya ada 2.000,” kata Direktur Pembinaan SMK, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), M. Bakrun di Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2019.
 
Kemendikbud mendorong pemerintah daerah untuk segera memverifikasi data peserta didik di ribuan SMK tersebut. Sebab menurut Bakrun, kewenangan pengelolaan SMK berada di bawah pemerintah provinsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara, Kemendikbud memiliki kewenangan mengalokasikan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Namun keputusan tersebut hanya bisa diputuskan oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud).
 
"Sekarang yang punya hak menutup itu provinsi. Kami minggu kemarin mengirim surat ke semua dinas untuk memverifikasi apa yang sekitar 2.000 tadi benar adanya. Ini masih belum balik laporannya,” ujar Bakrun.
 
Baca:Kemendikbud Evaluasi Persebaran SMK
 
Laporan tersebut sangat penting untuk segera diketahui, karena terkait dengan pencairan dana BOS. Sebab sekolah yang tidak layak beroperasi itu masih terus menerima dana BOS selama masih aktif di Data pokok pendidikan (Dapodik).
 
“Kalau sudah ada balasan kemungkinan akan dikunci Dapodiknya. Kalau Dapodik dikunci, dana BOS-nya enggak bisa keluar,” pungkasnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif