Ilustrasi UTBK. ANT/Indrianto Eko Suwarso.
Ilustrasi UTBK. ANT/Indrianto Eko Suwarso.

Sekolah Berharap UTBK Dimajukan Tak Ganggu Persiapan UN

Pendidikan Pendidikan Tinggi UTBK
Intan Yunelia • 13 Agustus 2019 17:47
Jakarta: Rencana pemerintah membuka penerimaan mahasiswa baru, terutama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) lebih awal juga mendapat respons dari pihak sekolah. Pihak sekolah meminta pemerintah memastikan sekolah untuk mengawal siswanya, agar pelaksanaan UTBK ini tidak membuat siswa mengabaikan Ujian Nasional (UN).
 
Kepala Sekolah SMA Negeri 28 Jakarta, Rita Hastuti mengaku, pihaknya tidak berkeberatan jika wacana jadwal penerimaan mahasiswa baru, utamanya UTBK 2020 digelar lebih awal.“Kita enggak terganggu. UTBK kan untuk masuk ke perguruan tinggi. Jadi sekolah mendorong dan men-support anak-anak untuk menyiapkan lebih awal untuk UTBK. Kapan pun harus siap,” kata Rita saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Secara teknis pun, kata Rita, jadwal UTBK yang rencananya sudah bisa dilakukan sejak semester lima ini pun bukan kendala bagi sekolah. Bercermin dari proses penerimaan mahasiswa baru melalui jalur undangan atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pun selama ini sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum UN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemarin kami penerima jalur undangan rapor itu kan pengumumannya sebelum UN. Jadi kira-kira itu (UTBK) nanti akan seperti itu,” jelasnya.
 
Baca:LTMPT Gelar Rapat Akhir Agustus Bahas Jadwal UTBK 2020
 
Namun ia berharap, jadwal baru UTBK jika jadi diterapkan tak mengganggu persiapan siswa menghadapi Ujian Nasional (UN). Ia tidak ingin dimajukannya jadwal UTBK memecah konsentrasi siswa menghadapi UN.
 
Siswa juga diminta tak memprioritaskan salah satunya. Jangan sampai demi mengejar perguruan tinggi favorit lantas mengabaikan UN.
 
“Nanti anak-anak perlu dimotivasi, bahwa sekalipun UN tidak menjadi penentu kelulusan. Tapi pembuktian kompetensi untuk lulusan satuan pendidikan kan melalui salah satunya dari UN,” terang Rita.
 
Sebelumnya, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mewacanakan penerimaann mahasiswa baru pada UTBK 2020 akan dimajukan menjadi akhir tahun 2019 atau di semester lima. Dengan begitu pada awal 2020 para siswa diharapkan sudah mengetahui dirinya diterima di perguruan tinggi dan prodi tertentu.
 
Baca:Menristekdikti Berharap UTBK Maju di Semester Lima
 
Rencana ini dimunculkan untuk mengantisipasi banyaknya "pencari bakat" dari perguruan tinggi di luar negeri yang berburu calon mahasiswa baru berprestasi dari Indonesia. Selain itu, Nasir juga menuturkan, agar murid memiliki waktu yang lebih panjang untuk mempersiapkan UN.
 
Dengan begitu, siswa tak harus memikirkan UTBK yang sudah dilewati di semester lima. “Jadi kalau ini kita jalankan, perguruan tinggi akan mendapat Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas. Contoh jumlah pendaftar UTBK tahun ini menurun. Itu sertinya dengan sistem UTBK calon mahasiswa kini lebih rasional dan lebih terbuka,” pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif