Delegasi Uhamka di Pimnas ke-32 di Bali. Foto/Dok. Uhamka.
Delegasi Uhamka di Pimnas ke-32 di Bali. Foto/Dok. Uhamka.

Lima Mahasiswi Uhamka Ikut Pimnas 2019 di Bali

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 03 September 2019 10:39
Jakarta:Universitas Muhammadiyah Profesor Dr Hamka (Uhamka) turut serta dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 di Universitas Udayana, Bali. Uhamka mengirim lima delegasi dalam acara tersebut.
 
Lima delegasi tersebut di antaranya, sebagai ketua kelompoknya, Farah Andrewsi Salni, Putri Adrianti, Sukma Pratiwi, Mozza Rizke Tasha dan Rizqe Rahmatiya. Kelimanya dari Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
 
Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional merupakan acara tahunan tertinggi dan bergengsi bagi Perguruan Tinggi dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Tak kurang dari 1.614 ilmuwan muda mahasiswa turut berpartisipasi dari 126 PT, yang terdiri dari 70 perguruan tinggi negeri dan 56 perguruan tinggi swasta dari seluruh Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrsitekdikti).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembukaan Pimnas ke-32 digelar di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park Badung Bali, pada Selasa 27 Agustus 2019. Acara dibuka dengan tari pendet sebagai tarian persembahan, dan sendratari Gadjah Mada yang dibawakan oleh 350 mahasiswa Universitas Udayana, serta 50 mahasiswa Institut Seni Indonesia Denpasar dan dibuka secara resmi oleh dibuka oleh Menristekdikti, Mohamad Nasir.
 
Dalam sambutannya, Menristekdikti mengatakan Pimnas sebagai ajang kompetisi nasional dalam hal Pengembangan kreativitas mahasiswa dalam Ilmu pengetahuan dan Teknologi, serta ajang perguruan tinggi dalam meningkatkan kualitas SDM.
 
Ia berharap kegiatan ini menjadi cikal bakal kelahiran invensi dan inovasi dari kalangan mahasiswa yang dapat dikembangkan dan dibina menuju produk skala industri. "Sesuai dengan visi dan misi Kemenristekdikti untuk menghasilkan generasi yang kompeten dalam mengisi pembangunan," kata Nasir di siaran pers yang diterima Medcom.id, Senin 2 September 2019.
 
Ditjen Belmawa Ismunandar dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, penyelenggaraan Pimnas ke-32 di Agustus 2019 turut menyemarakkan peringatan HariKemerdekaan Republik Indonesia. Dengan tema “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebinekaan”.
 
Uhamka sendiri satu dari tiga perguruan tinggi yang mewakili ibu kota Jakarta. Sisanya, Universitas Indonesia dua Kelompok, Universitas Negeri Jakarta satu Kelompok, dan Universitas swasta, yaitu Uhamka satu kelompok.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif