Ilustrasi:  Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Ilustrasi: Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Peleburan Dikbud dan Dikti Permudah Sinkronisasi Program

Pendidikan Kabinet Jokowi-Maruf Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 25 Oktober 2019 16:17
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, bahwa peleburan antara Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi merupakan salah satu upaya untuk menyinkronkan program-program pendidikan.
 
“Jadi sangat simple menurut saya apalagi Mendikbud sekarang saya kira bisa membuat langkah-langkah yang cepat untuk segera sinkronisasi,” kata Muhadjir usai melaksanakan Salat Jumat di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat 25 Oktober 2019.
 
Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menyebutkan, tidak terlalu banyak perubahan yang terjadi terkait penggabungan pendidikan tinggi ke Kemendikbud. Hanya butuh koordinasi lebih dengan dirjen dari kedua kementerian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Koordinasi dan program. Kalau Kemendikbud kelihatannya tidak terlalu lama karena baru periode ini dipisah. Kemudian gedungnya masih satu tempat masih atas nama Kemendikbud belum ristekdikti,” ujar Muhadjir.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada hari Rabu, 23 Oktober 2019 lalu melantik 36 menteri baru di Kabinet Indonesia Maju. Dalam periode kedua pemerintahannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali dilebur dengan Pendidikan Tinggi. Namun tetap dengan nomenklatur Kemendikbud.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif