Para mahasiswa pemenang Wirausaha Mandiri dari Telkom University. (Foto: Dok. Telkom University).
Para mahasiswa pemenang Wirausaha Mandiri dari Telkom University. (Foto: Dok. Telkom University).

Ribuan Kilometer Ditempuh Demi Pendidikan

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Intan Yunelia • 03 Juli 2019 14:48
Bandung: Kota Bandung tak cuma terkenal akan ragam kulinernya. Di sisi lain, Kota Parahyangan ini juga mampu menarik minat siapapun untuk bersekolah.
 
Mendapat julukan sebagai kota pelajar yang paling engineering dengan fasilitas dan kreativitas warganya yang sarat akan teknologi membuat tiga mahasiswa Telkom University rela menempuh ribuan kilometer demi sebuah pendidikan.
 
Rafli, Annisa, dan Chitra yang masing-masing berasal dari Kendari, Medan, dan Sumbawa dengan senang hati datang ke Bandung untuk bersekolah. Kota demi kota dilalui hanya agar mendapatkan pendidikan yang menawarkan program Information and Communication technology (ICT) dan bisnis sebagai intinya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perjuangan Rafli belajar sistem informasi di Telkom University tak semudah membalikkan telapak tangan. Ia harus berjibaku dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pelajaran di kelasnya.
 
Masuk di kelas internasional Telkom University, juga mendatangkan banyak cobaan kepadanya. Namun penghargaan Wira Muda Mandiri dalam kategori bidang usaha teknologi digital yang diraih pada 2018 sepadan dengan proses yang ia lakoni.
 
Baca juga:Ikatan Guru Sarankan Jalur Prestasi PPDB Dihapus
 
Selama menjalani perkuliahan di jurusan Sistem Informasi Telkom University, Rafly dan timnya mengembangkan Scola.id, sebuah learning management system. Hingga kini ia dan tim terus mengembangkan Scola.id sebagai bentuk sumbangsih untuk negeri.
 
Di sisi lain, kondisi ekonomi keluarga yang tak bisa dikatakan mampu tak menyurutkan semangat Annisa Safitri menimba ilmu administrasi bisnis di Telkom University. Berbekal beasiswa penuh ia kini duduk sebagai salah satu mahasiswa perguruan tinggi.
 
"Dengan usaha dan doa dari orangtua, saya berhasil lolos tes Jalur Prestasi Unggulan (JPU) dan mendapatkan beasiswa dari Telkom University," kata Annisa, Rabu, 3 Juli 2019.
 
Beasiswa itu membuatnya tak khawatir akan membebani ekonomi keluarga. Prestasi yang ia raih, salah satunya melalui Perbanas Marketing Debate Competition (PMDC) sebagai pemenang utama turut mengharumkan nama Telkom University.
 
"Saya bersyukur bisa kuliah di Telkom University. Universitas mewadahi minat dan bakat mahasiswa. Fasilitas pendidikannya juga mendukung untuk kegiatan akademis maupun nonakademis,” ujarnya.
 
Baca juga:Mengumpulkan Pasir Timah untuk Bersekolah
 
Kisah lain datang pemudi Sumbawa yang ingin memberi kontribusi bagi negeri di bidang teknologi medis. Chitra Bintang Banowati atau akrab dipanggil Chitra, kini sedang mengembangkan sistem pengecekan kolesterol via gawai.
 
Melalui sistem tersebut, masyarakat akan dapat mengetahui tingkat kolesterol dari tangkapan gambar mata melalui kamera gawai. Risetnya ini ia jadikan pula sebagai Tugas Akhir sebagai mahasiswi Telkom University sebagai syarat mendapatkan gelar sarjana.
 

(MEL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif