Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan sekaligus Chair of G20 EdWG 2022, Iwan Syahril. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan sekaligus Chair of G20 EdWG 2022, Iwan Syahril. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Gotong Royong Pemulihan Pendidikan Tidak Hanya untuk Kejar Ketertinggalan

Ilham Pratama Putra • 20 Mei 2022 13:06
Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatukan suara delegasi pada pertemuan kedua Education Working Group (EdWG) G20. Kemendikbudristek menekankan perlunya kolaborasi berbasis gotong royong untuk pemulihan pendidikan.
 
Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan sekaligus Chair of G20 EdWG 2022, Iwan Syahril, menyebut pemulihan pendidikan tidak hanya untuk mengejar ketertinggalan. Tetapi, melihat visi pendidikan di masa depan.
 
"Indonesia melihat ke masa depan, kita melompat ke arah masa depan dan kita tidak ingin hanya mengejar ketertinggalan," kata Iwan dalam konferensi pers daring, Jumat, 20 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gotong royong dan visi tersebut menjadi modal solid kepemimpinan Kemendikbudristek dalam EdWG G20. Pihaknya membawa terobosan Merdeka Belajar dalam pertemuan tersebut.
 
"Merdeka Belajar diangkat dalam pertemuan EdWG sebagai contoh praktik baik yang menjadi tonggak gotong royong transformasi pendidikan di Indonesia, sekaligus sebagai dasar agenda prioritas bidang pendidikan G20," tutur dia. 
 
Pertemuan EdWG G20 berlangsung selama dua hari pada 18-19 Mei 2022. Pertemuan yang digelar di Kota Bandung, Jawa Barat itu membahas empat hal. Yakni inisiatif Kemendikbudristek untuk memperbarui komitmen dunia di bidang pendidikan dalam pertemuan Konferensi Transformasi Pendidikan (Transforming Education Summit/TES) Perserikatan Bangsa-Bangsa (United Nations/UN), Pendidikan Berkualitas untuk Semua dan Teknologi Digital dalam Pendidikan, penyusunan laporan EdWG G20, dan draf deklarasi tingkat menteri pendidikan.
 
Pertemuan EdWG G20 kedua menerima dukungan dan apresiasi dari sejumlah negara. Salah satunya, Head of Delegation Jerman, Vera Kammann, yang mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek.
 
"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Kemendikbudristek atas semua kerja keras yang telah dilakukan sejauh ini. Agenda yang dibawa dalam EdWG G20 adalah agenda yang mengesankan dan penuh ambisi. Kami bersemangat untuk bisa mendukung tujuan Indonesia dalam kepemimpinannya di G20," kata Vera.
 
Baca: Kunci Transformasi Pendidikan Indonesia, Nadiem Paparkan Merdeka Belajar di EdWG G20
 

 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif