Ilustrasi sekolah. MI/Andri Widiyanto
Ilustrasi sekolah. MI/Andri Widiyanto

Ibarat Buah, Pendidikan Indonesia Memiliki Ciri Khas Sendiri

Pendidikan pendidikan hari pendidikan nasional Hardiknas 2022
Ilham Pratama Putra • 03 Mei 2022 10:28
Jakarta: Sekjen Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, Ki Saur Panjaitan, menyebut pendidikan Indonesia serupa buah. Pendidikan Indonesia memiliki ciri khas sendiri.
 
Dia mengatakan sudah terlalu lama Indonesia memandang pohon pendidikan yang tumbuh di negara asing. Bahkan, Indonesia kerap bermimpi dengan mengadopsi dan mengacu pada model-model pendidikan asing, dapat membangun sumber daya manusia yang sejajar dengan negara-negara asing.
 
"Tentu saja pohon-pohon itu bisa kita tanam di Indonesia, namun hasilnya tidak bisa menyamai jika tanaman tersebut tumbuh di tanah, iklim, dan lingkungan negara aslinya," kata Saur dalam keterangan tertulis, Selasa, 3 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menuturkan pendidikan seperti pohon berbuah dan bunga yang berkembang melimpah. Pohon tumbuh subur di habitat budayanya.
 
Saur menyebut bangsa Indonesia hanya bisa sejajar dengan bangsa-bangsa maju bila pendidikannya berlandaskan budaya, filosofi, dan tujuan NKRI. Dia mengatakan pendidikan Indonesia tidak perlu mendikte negara lain.
 
"Yang perlu kita lakukan bukannya menggantikan mangga, durian, rambutan, salak, dan duku, dengan pir, apel, dan anggur, melainkan menyandingkannya dengan bangga," tutur dia.
 
Saur mengatakan di tengah serbuan budaya asing berbungkus globalisasi, makin diperlukan usaha serius membenahi pendidikan Indonesia. Yakni pandangan berlandaskan iklim, lingkungan, dan kebutuhan nasional bangsa Indonesia demi kelanjutan eksistensi NKRI.
 
"Kita tidak anti asing. Kita terbuka dengan tetap mempertahankan habitat kebudayaan Indonesia," tegas dia.
 
Baca: Hardiknas Mesti Jadi Momen Hidupkan Kembali Budaya Pancasila pada Anak-anak
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif