Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Yuk! Pahami Arti Kelima Sila dalam Pancasila

Pendidikan pendidikan pancasila nkri empat pilar BPIP Lambang Negara Kesatuan Bangsa
Cindy • 29 November 2021 18:09
Jakarta: Pancasila merupakan lambang dasar negara Indonesia dan patut dijadikan sebagai pandangan hidup. Lantas, apakah Anda tahu arti kelima sila yang ada di Pancasila dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?
 
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menjelaskan Pancasila sebagai pandangan hidup artinya Pancasila harus menjadi pedoman di setiap hal yang dilakukan. Sikap sebagai warga negara Indonesia harus mencerminkan nilai-nilai pada setiap butir Pancasila. 

Arti 5 Sila Pancasila sebagai pandangan hidup versi BPIP:

1. Ketuhanan yang Maha Esa

Sila pertama ini mengartikan bahwa kita sebagai warga negara Indonesia mempercayai dan bertakwa pada Tuhan. Hal ini disesuaikan dengan agama dan kepercayaan yang dimiliki oleh masing-masing warga negara.
 
Makna dari sila pertama ini juga berarti kita perlu saling menghormati antar umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang rukun.

2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Sila kedua ini artinya kita sebagai warga negara diminta untuk memahami bahwa setiap manusia memiliki derajat yang sama. Sehingga kita harus saling menyayangi satu sama lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kita juga harus saling menjaga dan membantu sesama, membela kebenaran dan keadilan, dan bekerjasama untuk kedamaian negara kita.
 
Baca: Ini Bunyi dan Makna 5 Lambang Pancasila

3. Persatuan Indonesia

Sila ketiga berarti kita harus menempatkan kesatuan, persatuan, dan kepentingan negara dari kepentingan masing-masing. Kita harus mempunyai kepribadian yang rela berkorban demi negara Indonesia, mencintai bangsa Indonesia, serta bangga pada negara. 

4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Khidmat dan Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Sila keempat ini mengajak kita untuk tidak memaksakan kehendak pada orang lain dan mengutamakan kepentingan negara dan orang lain. Terkadang kita akan menemukan perbedaan pendapat dan cara pandang.
 
Namun, kita harus menyelesaikannya dengan cara bermusyawarah atau berdiskusi.

5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Makna dari sila ini berarti mengembangkan perbuatan luhur dengan cara kekeluargaan dan gotong royong, serta selalu bersikap adil. Selain itu, harus ada keseimbangan antara hak dan kewajiban dengan juga menghormati hak-hak orang lain.
 
Baca: Wakil Ketua MPR: Pancasila Fondasi Membangun Bangsa
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif