Mensesneg, Pratikno. Foto: Dok. UGM
Mensesneg, Pratikno. Foto: Dok. UGM

Pratikno dan Nadiem Beri Wejangan 9.210 Mahasiswa Baru UGM

Pendidikan Pendidikan Tinggi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi UGM Mahasiswa
Citra Larasati • 02 Agustus 2021 21:11
Jakarta:  Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim memberikan wejangan kepada 9.210 mahasiswa baru Program Sarjana dan Diploma IV UGM dalam upacara penerimaan mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada (UGM).
 
Pratikno menyampaikan ucapakan selamat kepada para mahasiswa baru yang berhasil masuk UGM setelah melalui persaingan yang cukup ketat sebelumnya. Ia berharap para mahasiswa dapat memanfaatkan momentum kuliah di UGM.
 
UGM memiliki kekuatan berada di Yogyakarta yang merupakan kota pendidikan sehingga para mahasiswa nantinya tidak hanya dapat belajar di kampus, tetapi juga belajar dari komunitas akademik, komunitas aktivis sosial yang ada di Kota Gudeg ini, serta belajar seni dan budaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Saudara ke Jogja bukan jadi orang Jogja, tetapi untuk mengokohkan diri untuk menjadi Indonesia. Sebab, nantinya akan bergaul dengan berbagai macam ragam budaya, tidak hanya dari Sabang sampai Merauke tetapi juga mahasiswa asing,” tuturnya.
 
Baca juga:  Nadiem Sebut Ruang Kelas Ideal adalah yang 'Ramai'
 
Mahasiswa tidak hanya dapat belajar keragaman latar budaya masyarakat Yogyakarta. Namun, bisa belajar dari latar keilmuan yang juga beragam.
 
Sebab, di UGM memiliki banyak fakultas dan program studi, sehingga bisa tidak hanya bisa belajar keilmuan yang dipilih, tetapi dapat mengkesplorasi keilmuan lainnya.
 
Ia menyampaikan, bahwa ke depan seluruh persoalan di masyarakat tidak akan bisa dipecahkan dari satu disiplin ilmu saja, tetapi dari multidiplin keilmuan. Artinya, kompetensi yang dibutuhkan di masa depan adalah kompetensi hibrid antar bidang kelimuan. Hal ini menjadi kekayaan UGM yang memiliki keilmuan yang komprehensif.
 
“Di tahun pertama mahasiswa harus memanfaatkan diri untuk mengeksplor kekayaan UGM dan Yogyakarta, bahkan bisa mengekslpor Indonesia dan dunia secara virtual,” tuturnya.
 
 
Halaman Selanjutnya
Selain itu, ia berpesan kepada…
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif