Webinar Pesona Talks STP Trisakti. Foto: Tangkapan Layar Zoom.
Webinar Pesona Talks STP Trisakti. Foto: Tangkapan Layar Zoom.

Alumni STP Trisakti Berbagi Cerita Agar Tak 'Salah Jurusan'

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Citra Larasati • 12 Mei 2020 18:30
Jakarta: Peran alumni bagi kemajuan perguruan tinggi kian strategis, bahkan kerap menjadi kekuatan tersendiri bagi kampus. Jaringan alumni yang solid, dapat membantu kampus meningkatkan kualitas perkuliahan, magang, hingga mengoptimalkan penyerapan lulusan di dunia kerja.
 
Hal ini juga yang diakui alumni Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti. Hubungan kampus dengan alumni yang telah bekerja di berbagai perusahaan maupun bidang usaha terjalin dengan 'mesra' selama ini.
 
Salah satunya ditunjukkan ketika STP Trisaktimenggelar kegiatan 'Pesona Talks' Serba Serbi Pariwisata Ala Milenial melalui webinar. Diskusi daring ini menghadirkan narasumber dari para alumni STP Trisakti yang telah sukses dalam pekerjaannya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Acara ini pun menyedot perhatian banyak peserta, tercatat lebih dari 430 peserta siswa SMA/SMK dari 15 provinsi yang antusias bergabung dalam webinar tersebut. Para peserta Webinar di antaranya berasal dariBangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Lampung, NTT, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatra Selatan, dan Sumatra Barat.
 
Salah satu alumni, Muhammad Yodha, Training Coordinator Aston Cirebon Hotel And Convention Centermenilai, lulusan STP Trisakti memiliki kelebihan yakni hubungan kampus yang sangat erat dengan industri. Mulai dari kuliah hingga magang, keterlibatan industri sangat kental di STP Trisakti.
 
"Kuliah kita diajar langsung oleh para praktisi di industri, sehingga apa yang kita pelajari dengan yang ada di dunia industri sama. Ini sangat bermanfaat saat lulus, jadi lebih siap terjun ke industri," kata Yodha.
 
Begitu juga dengan program magang di STP Trisakti, mahasiswa selalu diberikan kesempatan untuk memilih yang sesuai denganpassion. "Pengembanganpassionbenar-benar diarahkan. Belum lagi soal jaringan alumni sangat bagus. Setiap lulus akan selalu ketemu dengan alumni di berbagai industri. Menjaga jaringan antara alumni dan almamater juga jadi kekuatan STP Trisakti," kata Yodha.
 
Baca juga:Mahasiswa UI Raih Beasiswa Berkat Rancangan Asuransi Mobil Listrik
 
Dalam salah satu sesinya, alumni lain juga berbagi cerita tentang pentingnya mengetahui minat dan memilih prodi serta perguruan tinggi yang tepat untuk mewujudkan kesuksesan di dunia kerja. Fransiskus Wahyu, Food Division Director Boemen Corporation misalnya, ia berbagi cerita kepada peserta webinar tentang keputusannya untuk menggeluti bidang perhotelan dan pariwisata.
 
Diakuinya, salah satu kunci kesuksesan karier adalah mulai merancang studi sedini mungkin. Seperti ia, yang mulai merancang masa depannya sejak mulai memilih perguruan tinggi agar tak salah jurusan.
 
"Pada prinsipnya saya mau kuliah yang membuat saya enjoy, saya tidak mau kuliah salah jurusan. Sesuai dengan minat juga, saya memilih bidang pariwisata dan kuliahnya terbukti asyik banget," kata Wahyu.
 
Pendapat senada juga disampaikan Fararine Margaretta, Sales Area Manager PT. Frisian Flag Indonesia. Ketika memilih jurusan dan perguruan tinggi ia sudah bertekad untuk menghindari perkuliahan yang terlalu banyak teori, "Saya enggak mau kuliah yang all text book," terang alumnus STP Trisakti angkatan 2011 ini.
 
Untuk itu, pilihannya jatuh pada D4 di STP Trisakti. "D4 ini enak, banyak praktiknya. Sesuai dengan mimpi saya bikin toko bakery sendiri. Di kampus kita belajar semuanya yang dapat mendukung minat saya, belajar kitchen, pastry dan sebagainya," ujar Fararine,
 
Ketua STP Trisakti, Fetty Asmaniati mengatakan sangat mengapresiasi peran para alumni yang mau berbagi ilmu di masa pandemi. "Sangat luar biasa, terima kasih untuk alumni sudah mau sharing di masa pandemi dengan peserta siswa SMK dan SMA," ucap Fetty.
 
Fetty berharap, melalui kegiatan ini paraalumni yang telah tersebar dimanapun berada dan telah bekerja di berbagai Industri pekerjaan, usaha dan jasa dapat bercerita dan berbagi pengalaman terkait pekerjaan dan prospek ke depannya.
 
"Agar peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat terbuka dengan berbagai pekerjaan yang ada di bidang perhotelan," tutup Fetty.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif