NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto

FKUI: Covid-19 Mampu Bertahan Tiga Hari di Permukaan Benda

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 21 Maret 2020 07:07
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) menyebut virus korona atau coronavirus disease (covid-19) bisa bertahan hingga tiga hari di permukaan benda. Untuk itulah masyarakat diminta berhati-hati ketika menyentuh benda yang ada di sekitarnya.
 
Rektor FKUI, Ari Fahrial mencontohkan penularan virus melalui sajadah. Ketika salah seorang jemaah bersin di sajadah, virus bisa menempel dan menjadi media penyaluran virus.
 
"Kalau dipakai dan bersin di situ, iya memang nempel virus di sajadah tersebut. Oleh karena itu kita minta untuk menggunakan sajadah sendiri," kata Ari dalam video conference, Jumat 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun lama tidaknya virus bertahan juga dipengaruhi oleh kondisi suhu udara. Pada udara yang dingin virus berpotensi lebih lama menempel pada benda.
 
"Kalau panas 30 derajat, virus akan mati dalam satu jam. Kalau udaranya dingin kita perhitungkan virus bisa beratahan lama di situ," jelasnya.
 
Baca juga:Nadiem Undang Mahasiswa Jadi Relawan Pencegah Korona
 
Bahan dari suatu benda juga dapat berpengaruh pada bertahannya virus. Ari kembali mencontohkan pemindahan virus melalui uang kertas.
 
Menurutnya, pada bahan serupa kertas, virus bisa bertahan dalam hitungan jam saja. Untuk itu dia meminta masyarakat untuk tidak menyentuhkan tangan ke area muka setelah memegang uang.
 
"Setelah disimpan di dompet akan segera hilang. Kita menerima uang juga usahakan langsung pakai hand sanitizer. Dalam hitungan menit virus juga bisa mati dengan hand sanitizer," pungkasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif