Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra. Tangkapan layar konferensi video
Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra. Tangkapan layar konferensi video

Pemerintah Didorong Bantu Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri

Pendidikan Virus Korona Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 23 Mei 2020 19:48
Jakarta: Cendekiawan Muslim Azyumardi Azra mendorong agar pemerintah serius membantu mahasiswa yang terdampak pandemi di berbagai daerah. Bantuan tak melulu dibebankan kepada rektor perguruan tinggimasing-masing.
 
"Belum terlihat political will Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan Kementerian Agama untuk membantu meringankan beban mereka," kata Azra dalam webinar Social Trust Fund (STF), mengutip laman Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Sabtu, 23 Mei 2020.
 
Azra menilai pemerintah belum memberikan langkah nyata untuk membantu mahasiswa yang kesulitan. Terutama, mahasiswa Indonesia di luar negeri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, mahasiswa Indonesia di luar negeri juga perlu mendapat perhatian. Di beberapa negara, terutama kawasan Timur Tengah, mahasiswa Indonesia juga mengalami kesulitan.
 
"Lingkungan santri, belajar di Saudi, Kairo, mengalami kesusahan, nah sampai sekarang belum kelihatan bantuan itu," ungkapnya.
 
Baca:Filantropi Jadi Modal Sosial Masyarakat Hadapi Pandemi
 
Menurut dia, langkah dan sikap filantropi diperlukan. Peran filantropi islam dan filantropi lainnya untuk memberikan bantuan kepada mahasiswa baik yang di dalam maupun luar negeri amat dibutuhkan.
 
Azar mengakui tak mudah. Sebab, sebelum Idulfitri sudah banyak dana dari donatur terkuras untuk memberikan bantuan berupa sembako. STF UIN Jakarta juga sudah berupaya menggeerakkan para dermawan membantu mahasiswa Indonesia di luar negeri.
 
"Inilah tugas kita ke depan pasca Idulfitri, karena banyak dana filantropi sudah terkuras sejak jauh sebelum Idulfitri," ujarnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif