Agribusiness and Technology Park (ATP) IPB University. Dok IPB
Agribusiness and Technology Park (ATP) IPB University. Dok IPB

Mengenal ATP IPB, Wisata Pertanian di Bogor

Pendidikan wisata edukasi Pendidikan Tinggi
Arga sumantri • 10 Agustus 2020 11:52
Bogor: Agribusiness and Technology Park (ATP) Institut Pertanian Bogor (IPB) University bisa menjadi alternatif wisata di kawasan Bogor, Jawa Barat. ATP merupakan salah satu unit bisnis IPB University yang bergerak di bidang pertanian dari hulu sampai hilir dengan melibatkan petani di sekitar Kabupaten Bogor, Kota Bogor, dan Kabupaten Cianjur sebagai mitra.
 
Direktur Bisnis IPB University, Ahmad Yani, menjelaskan, sejarah ATP IPB University bermula dari kerja sama antara IPB University dengan Taiwan dan fokus bekerja sama di bidang pembangunan kemitraan petani. Melalui kerja sama itu, kemudian dibangun kantor ATP IPB University yang berlokasi di Desa Cikarawang, Dramaga, Bogor.
 
ATP IPB University juga memiliki fasilitas penunjang bisnis seperti pembibitan, greenhouse, perkebunan dan area packaging house.Sebagai salah satu unit bisnis, ATP IPB University memiliki berbagai produk yang dihasilkan bersama petani mitra dengan produk unggulan sayuran organik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedikitnya, ada 30 petani mitra yang kami bina dan bekerja sama dengan ATP University. Melalui petani mitra inilah ATP University menghasilkan berbagai produk sayuran organik yang berkualitas," kata Yani melalui siaran pers, Senin, 10 Agustus 2020.
 
Baca:Tips Raih Beasiswa Jasso untuk Kuliah di Jepang
 
Yani mengatakan, produk sayuran organik hasil dari petani mitra dipasarkan kepada pasar modern dan ritel di kawasan Jabodetabek, seperti Diamond Supermarket, Yogya, Total, Ranch Market, dan All Fresh market. Tidak hanya itu, ATP IPB University juga menggandeng toko online untuk turut memasarkan produk-produk yang dihasilkan.
 
"Selain produk sayuran organik, ATP IPB University juga menghasilkan produk buah jambu kristal, jambu mutiara, melon, sayur nonorganik, benih ikan lele, dan bibit tanaman," jelasnya.
 
Menurut dia, ATP IPB memiliki hamparan pemandangan yang menyejukkan mata. Pengunjung, akan disapa oleh ranumnya golden melon di dalam greenhouse, hamparan jambu kristal dan jambu mutiara, warna warni sayur-sayuran, hingga ikan lele yang dibudidayakan di dalam kolam-kolam di dalam greenhouse.
 
Segmen bisnis ikan lele dimulai dari pembenihan, pendederan, pembesaran hingga pengolahan. Adapun produk bibit tanaman, ATP IPB University memproduksi berbagai bibit sayuran di dalam smart greenhouse yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan bibit petani mitra. Selain bibit sayuran, ATP IPB University juga menyediakan bibit buah jambu kristal, jambu mutiara, buah pepaya calina.
 
Yani menambahkan, selain fokus pada lini bisnis, ATP IPB University juga memberikan layanan kepada mahasiswa dan masyarakat. Contohnya, lewat kegiatan kunjungan praktikum lapangan, agroedutourism, pelatihan dan kegiatan magang bagi mahasiswa.
 
"Kegiatan Agroedutourism merupakan salah satu bentuk layanan yang diselenggarakan di ATP IPB University dalam rangka mengenalkan model bisnis pertanian yang dijalankan ATP IPB University kepada masyarakat luas," ujarnya.
 
Untuk kegiatan pelatihan, kata dia, diselenggarakan dalam rangka memperdalam pengetahuan dan memperoleh keterampilan mengenai produksi dan pengelolaan produk pertanian lebih lanjut. Pelatihan yang diselenggarakan ditujukan untuk petani mitra, mahasiswa, dan masyarakat umum. Selain agroedutourism dan pelatihan, pelayanan lain yang diselenggarakan adalah praktikum mahasiswa, magang siswa dan mahasiswa, penelitian mahasiswa, serta penyewaan ruangan dan taman.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif