Foto: Dok. Unej
Foto: Dok. Unej

Unej Peringkat ke-11 Webometrics 2020

Peringkat Unej di Webometrics Terus Naik

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 04 Februari 2020 09:09
Jakarta: Peringkat Webometrics Universitas Jember (Unej) naik dari peringkat 14 di 2019 menjadi ke-11 di 2020. Peningkatan peringkat ini membanggakan mengingat harus menyisihkan sekitar 2.000 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia yang dinilai oleh Webometrics.
 
Menurut Kepala Humas dan Protokol Universitas Jember,Agung Purwantosalah satu penyebab meningkatnya peringkat Kampus Tegalboto ini disebabkan aktivitas pembelajaran dalam jaringan (daring) di Universitas Jember yang makin meningkat.
 
“Aktivitas pembelajaran daring di Universitas Jember makin meningkat, baik kualitas maupun kuantitasnya," kata Agung dikutip dari laman Unej, Selasa, 4 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Misalnya saja perkuliahan online, dosen dan mahasiswa bisa melakukan perkuliahan tanpa harus bertatap muka. "Kemudian makin banyak dosen kita yang menulis, membuat materi kuliah dan artikel yang kemudian diunggah di laman Universitas Jember. Kemudian yang utama, Sistem Informasi Terpadu atau Sister kita sudah terkoneksi dengan Sistem Pembelajaran Daring Indonesia,” jelas Agung.
 
Sementara itu, Ketua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Komunikasi Unej, Sudarko menambahkan, ada empat penilaian yang dilakukan oleh Webometrics. Yakni aspek presence, impact,openess, dan excellence.
 
“Di ketiga bidang yaitu presence, impact,dan openess nilai kita membaik," ucapnya.
 
Dibandingkan periode sebelumnya (Juli 2019) aspek presence Universitas Jember meningkat lebih dari 300%, artinya semakin banyak konten yang bisa diakses oleh publik termasuk laman fakultas, lembaga hingga Unit Kegiatan Mahasiswa yang aktif. Di unsurimpact terdapat peningkatan skor lebih dari 25%, yang artinya makin banyak institusi di luar Universitas Jember memberikan backlink ke Universitas Jember.
 
Backlink biasanya berbentuk tautan web atau tautan berita yang dimuat oleh pihak eksternal yang mengarah ke domain/subdomain unej.ac.id. Ketiga, di bidang openess terdapat peningkatan 8% yang berarti semakin banyak karya digital dosen dan mahasiswa yang tersedia di domain/sub domain unej.ac.id yang bisa diakses siapa saja” ungkapnya.
 
Khusus pada aspek impact bobot skornya paling tinggi. Oleh karena itu Universitas Jember harus terus mendorong dosen dan mahasiswa menulis karya tulis ilmiah, termasuk menggandeng pihak eksternal lain yang kompeten agar hasil kerja sama baik riset, artikel, pengabdian masyarakat ataupun kegiatan lainnya semakin baik dari sisi kuantitas maupun kualitas yang pada akhirnya bisa memberikan ke Universitas Jember.
 
Sebagai informasi peringkat Universitas Jember di Webometrics sempat berfluktuasi. Pada 2017 misalnya, peringkat Universitas Jember ada di nomor 33, bahkan sempat anjlok di peringkat 77.
 
Namun dengan berbagai usaha, maka pada semester awal tahun 2018 berada di peringkat 14. Sempat turun sedikit di peringkat 17 di semester kedua tahun 2018, namun pada 2019 naik ke peringkat 14 kembali, dan kini di tahun 2020 ada di peringkat 11.
 
Pemeringkatan Webometrics dilakukan dalam rangka mempromosikan dan membuka akses publikasi ilmiah guna meningkatkan kehadiran lembaga akademik dan lembaga-lembaga penelitian melalui laman resminya masing-masing.
 
Pemeringkatan dimulai pada 2004 dan penilaiannya didasarkan pada gabungan indikator yang memperhitungkan baik volume maupun isi laman, visibilitas dan dampak dari publikasi laman sesuai dengan jumlah pranala luar yang diterima. Peringkat ini diperbaharui setiap bulan Januari dan Juli pada setiap tahunnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif