Tim Seni UHAMKA di ajang Melayu Day di Thailand. Foto: Uhamka/Humas
Tim Seni UHAMKA di ajang Melayu Day di Thailand. Foto: Uhamka/Humas

UHAMKA: 'Melayu Day' Jadi Ajang Melestarikan Budaya

Pendidikan beasiswa osc Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 10 Februari 2020 21:09
Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) turut ambil bagian dalam kegiatan ‘Melayu Day’ yang dilaksanakan Pemerintah Kota Yala, Thailand. Acara ini bekerja sama dengan Perwakilan pemerintah Indonesia Konsul Republik Indonesia di Songkhla Perwakilan Pemerintah Malaysia, dan Brunei Darussalam.
 
Acara ini digelar dengan tujuanmelestarikan budaya Melayu. UHAMKA tak sendiri, tercatat ada dua perguruan tinggi dan satu sekolah tinggi lain yang turut berpartisipasi. Yakni Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Muhammadiyah Palembang, dan STIKes Muhammadiyah Palembang.
 
Pendamping Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni (P3KA), UHAMKA, Mubarak Ahmad menyebutkan, ajang ini strategis untuk menjaga dan melestarikan budaya melayu. “Mengenalkan, mengembangkan, sekaligus melestarikan budaya melayu agar tak lekang oleh zaman. Kegiatan ini menemukan relevansinya ketika masyarakat dunia makin sadar akan arti penting budaya dalam pergaulan global,” terang Mubarak dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Senin, 10 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


UHAMKA sendiri sebelumnya telah menyeleksi tiga mahasiswi dari ribuan mahasiswa untuk mengikuti ajang budaya serumpun yang cukup dinanti oleh masyarakat setempat ini. Ketiga nama yang lolos seleksi yang dilaksanakan oleh Unit Kerja sama UHAMKA bersama dengan P3KA. yaitu Annida (Manajemen FEB), Alfinada (PGSD FKIP), dan Fauziah Alam (Gizi, Fikes).
 
Adapun Tim Seni UHAMKA membawakan tiga nyanyian dan dua tarian. Tiga lagu tersebut adalah Anta Permana, Kejora, dan Sabda Cinta, kemudian Tari Zapin, serta Tari Pucuk Pisang.
 
Salah satu mahasiswi yang terpilih, Annida mengatakan, mengambil bagian dalam ajang tersebut menjadi pengalaman yang membanggakan baginya. Sementara Alfinada menambahkan, kegiatan ini mampu membuka wawasan tentang budaya Melayu yang lebih luas, serta membantu membuka jejaring pertemanan sesama pecinta budaya Melayu.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif