Ribuan guru anggota PGRI saat peringatan Hari Guru Nasional. Foto: Medcom.id/Citra Larasati
Ribuan guru anggota PGRI saat peringatan Hari Guru Nasional. Foto: Medcom.id/Citra Larasati

Dorong Transformasi Guru, PGRI Gelar Lokakarya Daring Berseri

Pendidikan Virus Korona Metode Pembelajaran
Ilham Pratama Putra • 16 Mei 2020 18:22
Jakarta: Mantan Rektor Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Sunaryo Kartadinata menyampaikan, teknologi menjadi kunci Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Guru harus menjadikan teknologi sebagai alat utama untuk mengajar di masa pandemi.
 
"Guru mengajarkan cara berpikir, cara bekerja toleransi, kolaborasi, dan teknologi sebagai tools of working," kata Sunaryo dalam keterangannya, Sabtu, 16 Mei 2020.
 
Duta besar Indonesia untuk Uzbekistan dan Kyrgyzstan ini juga menyampaikan, dalam menggunakan teknologi, guru mesti efektif. Materi pembelajaran pun harus komprehensif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Guru harus mampu melumatkan materi pelajaran dengan muatan karakter atau kata lainnya mampu mentranformasikan bahasa pedagogik ke dalam komunikasi teknologi," terangnya.
 
Baca juga:Konektivitas Pembelajaran Saat Pandemi Tanggung Jawab Pemerintah
 
Menurutnya, guru juga harus senantiasa belajar dan menjadi guru pemikir. Agar peserta didik menjadi pemikir dan pembelajar.
 
Untuk itu Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) menyediakan Webinar dan lokakarya untuk para guru. PGRI sendiri telah memberikan akses untuk berkolaborasi dan berinovasi bagi guru sejak 2 Mei hingga 20 Mei.
 
"Berbagai menu variatif menarik untuk disimak dan sangat bermanfaat untuk peningkatan dan pengembangan kompetensi guru," kata ketua umum PGRI, Unifah Rosyidi.
 
Setidaknya 15.000 guru terlibat dalam pelatihan yang diprakarsai PGRI ini. PGRI menyebut langkahnya sebagai pelopor pengembang pendidikan.
 
Menurut beberapa peserta, mereka merasa sangat puas akan pelaksanaan webinar dan lokakarya daring ini. Materinya yang diberikan pun beragam.
 
"Mulai dari self driving teacher, teaching new generation, literacy digital, mobile learning, E-learning design, edutainment, gamification, Virtual Classroom, Online Evaluation, Learning Management System, dan Guru Abad ke-21," pungkas Unifah.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif