Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

PGRI Usul Sekolah Diberi Kewenangan Menentukan Kurikulum Selama Pandemi

Pendidikan Virus Korona Kurikulum Pendidikan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 06 Juni 2020 20:07
Jakarta: Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi mengusulkan sekolah diberi kewenangan menentukan kurikulum selama pandemi virus korona (covid-19). Kurikulum menyesuaikan wilayah sekolah masing-masing.
 
"Berikan kewenagan yang luas untuk sekolah melalui dinas pendidikan untuk menciptkan kurikulum pembelajran yang sesuai dengan kebutuhan, karena tidak tahun kapan selesainnya," ujar Unifah dalam diskusi daring bertajuk 'Paradoks Antara Tahun Ajaran Baru dan Kehidupan Normal Baru', Sabtu, 6 Juni 2020.
 
Materi kurikulum, lanjut Unifah, cukup berbasis literasi dan numerasi. Dengan literasi, guru bisa mengajak anak untuk berpikir kritis, dengan cara membaca menulis dan mengomunikasikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Itu model-model menuju cara berpikir kritis, yang sekarang disebut HOTS (Higher Order Thingking Skills). Numerasi, logika, matematik, supaya anak-anak survive nanti menuju kurikulum numerasi, literasi, karena kurikulum bisa dibangun dari sana," jelasnya.
 
Ia meyakini pembelajaran dari rumah bisa menjadi lebih baik bila sekolah diberikan kewenangan menentukan kurikulum. Pemerintah pun tidak harus terburu-buru membuka kembali sekolah, sebelum kondisi benar-benar aman.
 
"Utamanya ini anak bisa mendapat hak belajar dengan aman," tegasnya.
 
Baca:PGRI Usulkan Adanya Kurikulum Sekolah Era Pandemi
 
Unifah juga meminta pemerintah benar-benar mendengarkan rekomendasi dari pakar maupun ahli kesehatan, untuk membuka kembali sekolah. Sehingga tidak membuat sekolah menjadi kluster baru penyebaran covid-19.
 
"Sangat berbahaya kalau menjadi klaster covid-19 baru. Dengar para ahli, yang pantas mengatakan kapan mulai (sekolah dibuka tatap muka),” tuturnya.
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif