Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad
Kampus Unpad. Foto: Dok. Unpad

Pertama Kali, Unpad Masuk THE World University Rankings by Subject

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi Kampus Merdeka Perguruan Tinggi
Citra Larasati • 29 Oktober 2020 12:20
Jakarta: Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk ke dalam pemeringkatan Times Higher Education atau THE World University Rankings by Subject 2021 berdasarkan pengumuman yang dirilis pada Rabu, 28 Oktober 2020 pukul 09.00 waktu London. Ini merupakan kali pertama Unpad masuk ke dalam pemeringkatan tersebut.
 
Pemeringkatan THE World University Rankings by Subject menilai secara spesifik bidang keilmuan yang ada di perguruan tinggi. Ada 11 klasterisasi bidang ilmu yang dilakukan penilaian oleh THE WUR by Subject.
 
Tahun ini, lima bidang ilmu di Unpad berhasil masuk ke dalam pemeringkatan. Lima bidang ilmu tersebut antara lain Business and Economics (peringkat 601+), Cilnical, Pre-clinical, and Health (peringkat 601+), Engineering and Technology (peringkat 801-1000), Life Sciences (peringkat 801+), serta Social Sciences (peringkat 601+).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rektor Universitas Padjadjaran, Rina Indiastuti mengatakan, pemeringkatan THE World University Rankings by Subject sangat penting untuk menilai, apakah suatu perguruan tinggi dapat dikategorikan sebagai perguruan tinggi terbaik di dunia. Kelima bidang ilmu yang berhasil masuk pemeringkatan THE World University Rankings by Subject ini mencatat peningkatan kinerja akademik dan kolaborasi dengan pihak internasional.
 
“Artinya, kelima bidang ilmu di Unpad setelah dinilai menggunakan indikator pemeringkatan THE WUR by Subject terkategorikan sebagai bidang ilmu yang mampu menunjukan kinerja akademik relatif baik dan diperhitungkan di antara perguruan tinggi dunia,” papar Rina.
 
Rektor menilai, kriteria peningkatan kinerja dalam bidang ilmu tersebut antara lain perbaikan ekosistem dan kualitas pembelajaran, meningkatnya riset dan publikasi, meningkatnya sitasi, meningkatnya keterlibatan dosen, peneliti dan mahasiswa asing di Unpad, serta meningkatnya kolaborasi dengan industri.
 
“Kesamaan gerak dan sinergi kuat antara pengelola di tingkat universitas dan fakultas dalam mendorong internasionalisasi Unpad merupakan faktor penting,” kata Rina.

 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif