Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Tangkapan layar.
Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Tangkapan layar.

Menko PMK Minta Perguruan Tinggi Dilibatkan Atasi Stunting

Pendidikan stunting Riset dan Penelitian Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 27 Oktober 2021 20:49
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta perang melawan stunting terus digencarkan. Menurutnya, perguruan tinggi perlu dilibatkan dalam upaya sosialisasi dan edukasi pencegahan stunting kepada masyarakat.
 
"Perguruan tinggi dapat bekerja sama dengan BKKBN, terutama dari pendekatan persuasif dan edukatif kepada calon pengantin, termasuk kepada para mahasiswa dan mahasiswi," Kata Muhadjir dalam Simposium Nasional Penurunan Stunting Melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, Rabu, 27 Oktober 2021.
 
Muhadjir mengatakan keikutsertaan perguruan tinggi dalam perang melawan stunting sangat penting. Misalnya, melalui implementasi tri dharma perguruan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, melalui program pengabdian masyarakat dan riset, para mahasiswa bisa ikut memberikan sosialisasi dan edukasi terkait pencegahan stunting. Pengetahuan terkait pemenuhan gizi yang baik kepada masyarakat, dinilai sebagai bentuk pengabdian untuk pengentasan stunting.
 
Baca: Perpeloncoan Kerap Makan Korban, Ini Asal Muasalnya
 
"Harus kita kejar di mana kantong-kantong stunting terjadi kemudian kita selesaikan satu demi satu dan dengan cara yang tentu saja dikembangkan dengan pertemuan berbasis riset di perguruan tinggi masing-masing," tutur Muhadjir.
 
Permasalahan stunting, kata Muhadjir, masih jadi kendala besar dalam menyiapkan generasi unggul dan kompetitif. Muhadjir mengaku optimis terlibatnya perguruan tinggi dalam penanganan stunting akan membuat penanganan stunting lebih sistemik.
 
"Mudah-mudahan sesuai target Presiden, angka stunting kita harus di bawah 14 persen bisa terpenuhi berkat  kerja sama kompak antara lain atas kerja sama BKKBN dengan perguruan tinggi," ujar Muhadjir. 
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif