Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menjadi pembicara pada Gelar Wicara “Rektor Ngobras (Ngobrol Bareng Disabilitas). Fotot: Dok. Unpad
Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Rina Indiastuti menjadi pembicara pada Gelar Wicara “Rektor Ngobras (Ngobrol Bareng Disabilitas). Fotot: Dok. Unpad

Unpad Ramah Disabilitas

Unpad Beri Undangan Khusus Calon Mahasiswa Disabilitas Lewat SLB

Pendidikan penyandang disabilitas Unpad Mahasiswa
Citra Larasati • 05 Desember 2021 14:21
Jakarta:  Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Rina Indiastuti mengatakan, Unpad membuka akses seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.  Bahkan Unpad secara khusus akan mengundang calon mahasiswa disabilitas melalui Sekolah Luar Biasa (SLB).
 
“Seluruh warga negara Indonesia punya kesempatan yang sama tidak bisa dibeda-bedakan. Siapapun WNI-nya boleh masuk Unpad,” kata Rina saat menjadi pembicara pada Gelar Wicara “Rektor Ngobras (Ngobrol Bareng Disabilitas)” yang digelar Fakultas Ilmu Komunikasi Unpad, dikutip dari keterangan tertulis Unpad, Minggu, 5 Desember 2021.
 
Pembukaan akses tersebut menjadi penanda bahwa Unpad siap menjadi kampus ramah disabilitas. Dalam mewujudkan hal tersebut, sejumlah fasilitas telah disiapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mulai dari penyediaan fasilitas ramah disabilitas di setiap gedung, penyiapan modul pembelajaran khusus bagi penyandang disabilitas, penyediaan pendamping belajar, hingga pemberian beasiswa bagi mahasiswa disabilitas.  “Siapapun mahasiswa Unpad tapi teristimewa, pasti diberi beasiswa. Haknya harus sama,” kata Rektor.
 
Baca juga:  Unpad Kukuhkan 10 Guru Besar Baru
 
Rina menekankan, mewujudkan kampus ramah disabilitas bukan sekadar menyediakan sarana-prasarana pendukung pembelajaran.  Kampus ramah disabilitas dapat terwujud apabila sivitas akademika maupun tenaga kependidikan mampu memberikan dukungan bagi penyandang disabilitas agar mereka bisa menyelesaikan studi dan berprestasi secara optimal.
 
Selain itu, komunikasi intens guna meyakinkan penyandang disabilitas dapat berkuliah di Unpad perlu dilakukan. Untuk itu, ke depan Unpad akan mengundang secara khusus calon mahasiswa melalui sosialisasi ke beberapa sekolah luar biasa.
 
“Kita akan coba komunikasikan ke SLB bahwa Unpad bisa menerima dan ada fasilitas, beasiswa, dan ekosistem yang akan membantu,” kata Rina.
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif