UNS Gandeng Umus Brebes Tingkatkan Kualitas Dokter
Suasana operasi pembedahan pasien, MI/Pius Erlangga.
Solo:  Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggandeng Universitas Muhadi Setiabudi (Umus) Brebes untuk meningkatkan kualitas dokter lulusan kedua universitas tersebut.  Salah satunya untuk melakukan pendampingan kepada Umus yang akan merintis program studi (prodi) kedokteran dan program profesi dokter. 

"Pada kerja sama ini disepakati untuk menjalin kerja sama kemitraan dengan membuat nota kesepahaman bersama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).  Terutama dalam rangka rintisan program studi kedokteran dan program profesi dokter di Umus," kata Wakil Rektor IV UNS Widodo seperti dikutip dari Antara, Kamis, 13 September 2018. 


Ia mengatakan nota kesepahaman bersama tersebut disepakati dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Dekan Fakultas Kedokteran UNS, Hartono mengatakan, kerja sama tersebut meliputi bidang
pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.  "Kerja sama ini bertujuan melaksanakan hubungan kerja kelembagaan dan kemitraan antara UNS dan Umus dalam rangka rintisan pendirian prodi kedokteran dan profesi dokter," katanya.

Baca: Rektor Minta RS UNS Beri Layanan Prima untuk Pasien BPJS

Rektor Umus, Roby Setiadi mengatakan ruang lingkup kerja sama meliputi konsultasi pengembangan kurikulum berbasis kompetensi program pendidikan dokter.  Baik pada tahap sarjana kedokteran maupun tahap profesi dokter, dalam rangka pendirian program studi kedokteran.

"Selain itu, juga konsultasi pengembangan rumah sakit pendidikan dan wahana pendidikan tahap profesi dokter," katanya.

Dia juga mengatakan, pemberian kesempatan mengikuti kursus, pelatihan, dan lokakarya untuk pengembangan pendidikan.  Ia menyatakan siap melakukan tukar-menukar informasi terkait 
pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan kedokteran serta kegiatan-kegiatan pendidikan lain yang disepakati oleh UNS dan Umus.



(CEU)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id