Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Mochamad Ashari.  Foto/Dok.ITS.
Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Mochamad Ashari. Foto/Dok.ITS.

ITS Sambut Positif PTN Buka Cabang di Ibu Kota Baru

Pendidikan Pendidikan Tinggi Ibu Kota Baru
Intan Yunelia • 30 Agustus 2019 13:22
Jakarta: Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Mochamad Ashari menyambut positif rencana pemerintah untuk membuka cabang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di ibu kota negara yang baru di Kalimantan Timur. Meski begitu, membutuhkan kajian mendalam untuk merealisasikan hal tersebut.
 
“Untuk membuka kampus di kota baru pada prinsipnya tidak masalah. Dengan senang hati saja ya,tapi karena semuanya masih berawal dan bermula dan starting ya kita mesti melakukan kajian dahulu,” kata Ashari kepada Medcom.id, Jumat 30 Agustus 2019.
 
Salah satu aspek yang perlu dipersiapkan adalah sarana insfratruktur. Yang tidak kalah penting adalah sumber daya mahasiswanya yang akan berkuliah di lokasi ibu kota yang baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kemudian jika infrastruktur yang lain juga sudah sama-sama lengkap. kami tidak ada masalah, dengan senang hati kita membuka di sana,” ujar Ashari.
 
Pembukaan cabang PTN unggulan tersebut, kata Ashari, tidak bisa dilakukan bersamaan dengan pemindahan pusat pemerintahan Indonesia. Selain karena SDM yang berkuliah di sana yang sangat minim, tentu juga regulasi pendukungnya.
 
“Intinya tidak ada masalah. Tapi kita perlu melihat infrastruktur dan persiapan yang lainnya juga. Infrastruktur pemerintahannya kemudian SDM-nya dan calon-calon mahasiswa dan aksesnya,” tutup Ashari.
 
Sebelumnya, rencana pemindahan ibu kota baru ke Kalimantan Timur turut berdampak pada bidang pendidikan tinggi. Sejumlah perguruan tinggi besar rencananya juga akan ikut diboyong ke ibu kota baru tersebut.
 
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir berencana 'memindahkan' beberapa kampus besar yang ada di Jakarta ke Kalimantan. Rencana ini akan dilakukan dengan tetap menjaga mutu perguruan tinggi bersangkutan.
 
"Saya sudah berpikir bagaimana kampus itu pindah (ke ibu kota baru) nanti bagaimana itu kampus bisa punya cabang, sedang kita pikirkan agar kepindahan tetap menjaga kualitas," kata Nasir di Hotel Grand Ina, Sanur, Bali, Senin 26 Agustus 2019.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif