Presiden Jokowi di ASEAN-ROK CEO Summit. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi di ASEAN-ROK CEO Summit. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

Di Busan, Jokowi Akui Baru Menata Ulang Riset

Pendidikan Pendidikan Tinggi Riset dan Penelitian
Antara • 25 November 2019 19:23
Busan: Presiden Joko Widodo dalam pertemuan dengan para ilmuwan dan peneliti Indonesia di Busan, Korea Selatan mengatakan saat ini pemerintah baru menata riset dan inovasi.
 
"Kita tidak ingin pikiran kita itu semuanya kita kerjakan, dan enggak ada hasilnya semuanya. Jadi pemerintah sekarang ini ingin bekerjanya fokus, gampang dikontrol, dicek, diawasi, sehingga tidak semuanya. Memang ini kita baru menata untuk riset dan inovasi," kata Presiden Jokowi saat bertemu 22 ilmuwan dan peneliti Indonesia di Hotel Lotte, Busan, Korea Selatan, Senin, 25 November 2019.
 
Kepala Negara mengatakan, dengan berpindahnya ibukota negara ke Kalimantan Timur, pemerintah akan merancang sebuah klaster besar untuk riset dan inovasi, di samping klaster pemerintahan dan pendidikan yang memuat universitas-universitas kelas dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya enggak tahu nanti perisetnya ada berapa puluh ribu, tapi saya ingin gede banget karena memang sudah kita siapkan lahan di ibu kota yang baru dan kita ingin kalau sudah masuk ke sana artinya memang harus dibelokkan. Yang dulu anggarannya banyak ke infrastruktur akan mulai digeser masuk ke riset dan inovasi," jelasnya.
 
Jokowi juga mengatakan, bahwa saat ini Pemerintah tengah berfokus untuk menyelesaikan satu per satu pekerjaan besar di Indonesia. Setelah berfokus pada pembangunan infrastruktur pada SDM pada lima tahun berikutnya.
 
Presiden berharap, setelah pembangunan SDM, pemerintah akan mulai berfokus pada pengembangan riset dan inovasi secara besar-besaran. Pertemuan Presiden dengan
para peneliti dilaksanakan di sela-sela menghadiri KTT Republik of Korea (ROK)-ASEAN. Presiden memberikan kesempatan kepada para peneliti yang hadir untuk memberikan masukan.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif