Jumpa Pers Rekrutmen CPNS 2019 di Gedung Kemenpan RB. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
Jumpa Pers Rekrutmen CPNS 2019 di Gedung Kemenpan RB. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

Tiga Ditjen eks Kemenristekdikti Gabung ke Kemendikbud

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 30 Oktober 2019 19:31
Jakarta: Presiden Joko Widodo baru saja menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2019 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terdapat penambahan Direktorat Jenderal (Ditjen) di dalam susunan organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 
Ada tiga Ditjen baru yang sebelumnya berada di Kemenristekdikti pasca penerbitan Perpres ini menjadi bergabung ke Kemendikbud. Ketiga Ditjen tersebut adalah Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi Pendidikan Tinggi. Ketiga ditjen tersebut sebelumnya berada di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
 
Aturan mengenai masuknya tiga ditjen itu terdapat di pasal 6 tentang Susunan Organisasi di dalam Perpres yang ditandatangani pada 24 Oktober 2019 ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Rini Widyantini mengatakan, Perpres ini hanya berlaku dalam masa transisi atau sampai 31 Desember 2019.
 
"Ini hanya berlaku sampai 31 Desember. Tetapi kementerian dan kepala lembaga harus segera menyesuaikan struktur organisasi sesuai dengan visi presiden," kata Rini dalam konferensi pers di gedung Kemenpan RB, Jakarta Pusat, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Perpres ini hanya berlaku sampai 31 Desember agar program dan kegiatan di tahun 2019 tetap berjalan dan tidak mengganggu anggaran 2019. "Kalau kita uubah langsung nomenklaturnya akan kacau ke bawahnya. Kementerian dan lembaga itu dalam kurun waktu ini kita harus segera melakukan perubahan," ujarnya.
 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif