Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Hardiknas Mesti Jadi Pengingat untuk Selalu Memberikan Kemerdekaan pada Anak Didik

Pendidikan pendidikan hari pendidikan nasional Kemendikbudristek Hardiknas 2022
Renatha Swasty, Citra Larasati • 02 Mei 2022 16:08
Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek Nizam menyebut Hari Pendidikan Nasional mesti selalu mengingatkan Indonesia pada Ki Hadjar Dewantara yang meletakkan dasar pendidikan modern di Tanah Air. Yakni pendidikan yang merdeka.
 
"Landasan pendidikan yang semangatnya memerdekakan siswa, menyemai jiwa yang mandiri dengan semangat kebangsaan yang kuat. Ajaran Ki Hajar tentang pendidikan melampaui zamannya," kata Nizam kepada Medcom.id, Senin, 2 Mei 2022.
 
Nizam menyebut masih ada PR besar untuk menyemai bakat dan potensi generasi emas. Hal itu agar betul-betul tumbuh menjadi kekuatan utama bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk menjadi negara maju, adil, makmur, sejahtera," tutur dia.
 
Nizam mengatakan di tengah dinamika perubahan global yang penuh tantangan, perlu memastikan anak-anak tidak tercerabut jati dirinya dari akar budaya bangsa. Dia mengingatkan jangan sampai anak-anak menjadi asing di negeri sendiri.
 
"Menjadikan mereka bangga menjadi bangsa Indonesia dengan Kebineka Tunggal Ikaannya. Hidup saling menghormati dan menghargai dalam pergaulan dunia secara terhormat dan berdaulat," ujar Nizam.
 
Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap 2 Mei bertepatan dengan hari lahir RM Suwardi Suryaningrat atau dikenal Ki Hadjar Dewantara. Dia juga dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional.
 
Tahun ini, Hardiknas jatuh bertepatan dengan Hari Raya Idulfitri 1433 H. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menetapkan peringatan Hardiknas 2022 akan dilangsungkan pada 13 Mei 2022.
 
Hardiknas 2022 mengusung tema "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar". Merdeka Belajar adalah program inisiatif Mendikbudristek Nadiem Makarim yang telah memasuki Episode ke-18 dengan peluncuran Merdeka Berbudaya dengan Dana Indonesiana.
 
Baca: Dunia Tengah Krisis, Jokowi Ingatkan Pendidikan Tak Boleh Terabaikan
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif