Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta
Ilustrasi. Foto: MI/Galih Pradipta

SMAN 3 Jakarta Tak Minat Gelar UJian Sekolah Daring

Pendidikan Ujian Nasional Virus Korona
Ilham Pratama Putra • 27 Maret 2020 17:56
Jakarta: Meski telah siap dengan sistem pembelajaran dan ujian sekolah daring, namun SMAN 3 Jakarta tetap memprioritaskan untuk menentukan kelulusan dan kenaikan kelas melalui rekam jejak nilai rapor serta portofolio siswa. Nilai rapor dan portofolio siswa lebih dilirik ketimbang harus membebani siswa dengan menggelar Ujian Sekolah, meski bisa digelar secara daring.
 
"Sebenarnya kalau Ujian Sekolah secara sebagai kelulusan kita tinggal kurang empat mata pelajaran lagi yang belum diujikan. Sisanya, kita akan melihat rapor lima semester terakhir ditambahkan portofolio," kata Kepala Sekolah SMA 3 Jakarta, Adriansyah kepada Medcom.id, Jumat 27 Maret 2020.
 
Begitu pula untuk penilaian kenaikan kelas, SMAN 3 Jakarta ingin mengumpulkan rekam jejak siswa, sertifikat, hingga portofolio. "Intinya kita cari cara, jangan lagi sampai menambah beban siswa dalam kondisi seperti ini," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pembatalan UN, Sekolah Menunggu Juknis Ujian Sekolah dan PPDB
 
Pilihan untuk menghindari Ujian Sekolah daring ini ditempuh, karena Adriansyah melihat beberapa kekurangan di dalamnya. Salah satunya jaringan internet yang tidak stabil.
 
"Internet yang putus-putus ini jadi kendala juga kan. Anak jadi stres juga kan kalau putus (sambungan internetnya) jadi takut. Itu yang harus kita pertimbangkan," ujar dia.
 
Belum lagi jika melihat faktor ekonomi. Menurutnya tidak semua siswa memilki kemampuan untuk membayar paket data internet.
 
Adriansyah yakin pihaknya mampu mengeksekusi sistem ini. Dia menyatakan guru siap berjibaku dalam kondisi darurat ini, tanpa menurunkan mutu siswa.
 
"Tetap harus ada standar. Kita perlu mengendalikan mutu. Jangan malah jadi asal-asalan gitu loh. Dalam keadan seperti ini mutu tetap yang utama. Bapak Ibu guru siap berjibaku dalam penyesuaian," tandasnya.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif