Ilustrasi. Foto: MI/Susanto
Ilustrasi. Foto: MI/Susanto

Pemda Diminta Bantu Menggaji Guru PAUD

Pendidikan Tunjangan Guru PAUD
Ilham Pratama Putra • 25 Juni 2020 11:27
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengharapkan Dinas Pendidikan (Disdik) daerah membantu menggaji guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sebab, dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD dari Kemendikbud tidak akan cukup.
 
"Memang tidak cukup dari pemerintah pusat. Minggu lalu Disdik kita kumpulkan tolong dibantu BOP dari daerah, dari dana desa," kata Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud, Muhammad Hasbi, Rabu, 24 Juni 2020.
 
Menurut dia, bantuan dari daerah diharapkan bisa membantu guru PAUD selama pandemi virus korona (covid-19). Kendati, BOP sejatinya sudah dibolehkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim untuk membayar honor dan uang transport guru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"BOP itu tidak diatur lagi persentasenya, jadi bisa buat honor dan transport guru. Tapi itu tapi tadi tetap butuh BOP dari daerah," ujarnya.
 
Nadiem telah merelaksasi BOP melalui Peraturan Mendikbud Nomor 20 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendikbud Nomor 13 Tahun 2020 tentang Petunjuk Teknis Dana Alokasi Khusus Fonfisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Kesetaraan. Lewat aturan ini, BPO bisa untuk honor dan uang transport guru. 
 
"Pada aturan sebelumnya dana BOP tidak bisa digunakan untuk membayar honor guru. Dana BOP umumnya digunakan untuk membiayai kegiatan belajar," ujar Nadiem dalam konferensi video, Rabu 15 April 2020.
 
Baca: Kemendikbud Tak Larang Mahasiswa Vokasi Magang saat Pandemi
 
Dana BOP, nantinya tak hanya digunakan untuk honor pendidik dalam pembelajaran dari rumah. Namun juga bisa dimanfaatkan untuk membeli sabun, desinfektan dan masker.
 
BOP juga bisa digunakan untuk membelian pulsa atau paket data guru dan siswa. Maaupun layanan pendidikan daring berupa aplikasi berbayar.
 
Juga tidak ada persentase yang membatasi penggunaan BOP. Kepala sekolah atau pengelola dalam hal ini diberikan fleksibilitas mengatur dana BOP untuk keperluan sekolah.
 
"Ketentuan penggunaan BOP PAUD dan Pendidikan Kesetaraan ini berlaku mulai bulan April 2020 sampai dengan dicabutnya penetapan status kedaruratan kesehatan masyarakat covid-19 oleh pemerintah pusat," ucap Nadiem.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif