Rektor IPB Arif Satria. Tangkapan layar.
Rektor IPB Arif Satria. Tangkapan layar.

IPB: Indonesia Harus Siapkan Skenario Pembelajaran Masa Depan

Pendidikan Kampus Merdeka Merdeka Belajar
Ilham Pratama Putra • 01 September 2020 15:33
Jakarta: Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) University Arif Satria menyebut, Indonesia seharusnya sudah menyiapkan bentuk pembelajaran masa depan. Mahasiswa mesti benar-benar dibebaskan dalam belajar di kampus.
 
"Pendidikan saat ini telah memiliki beberapa skenario pembelajaran untuk masa depan. Mulai dari future skill university, networked university, life long learning dan my university," kata Arif dalam Dies Natalis IPB ke-57 yang digelar secara virtual, Selasa, 1 September 2020.
 
Arif mengatakan, untuk skenario my university mahasiswa dapat memilih sendiri kurikulum sesuai kepentingan dan ketertarikan mereka masing-masing. Skenario ini harus dijalankan agar lulusan universitas mampu menghadapi berbagai disrupsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Berbagai negara sudah membuat skenario, sebaiknya Indonesia juga mengarah pada skenario seperti ini," kata Arif.
 
Baca:Wujudkan Kampus Merdeka, UNS Gandeng Unsoed dan Unnes
 
Arif menambahkan, Indonesia saat ini menghadapi berbagai disrupsi. Disrupsi yang terjadi hari ini bukan lagi sekadar menghadapi revolusi industri 4.0.
 
"Hari ini kita menghadapi situasi yang berbeda, situasi yang luar biasa. Kita dihadapkan disrupsi revolusi industri 4.0, revolusi biologi, bahkan disrupsi akibat covid-19," terangnya.
 
Dia berharap universitas di Indonesia mampu menyiapkan mahasiswa untuk menghadapi berbagai disrupsi itu. Universitas mampu menjalankan skenario untuk menyambut masa depan.
 
"Begitu kita lihat perkembangan yang terjadi saat ini, maka ada urgensi pengembangan skill baru yang semakin tumbuh," ujarnya.
 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif