'Gerak Perempuan' melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Kemendikbud Jakarta. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan
'Gerak Perempuan' melakukan aksi unjuk rasa di depan gedung Kemendikbud Jakarta. Foto: Medcom.id/Muhammad Syahrul Ramadhan

'Gerak Perempuan' Desak Kampus Bebas Kekerasan Seksual

Pendidikan Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 10 Februari 2020 18:53
Jakarta:Gerakan Perempuan Anti Kekerasan (Gerak Perempuan) melakukan aksi demonstrasi di depan gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka menuntut agar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim membuat aturan agar lingkungan kampus bebas dari kekerasan seksual.
 
Tuntutan yang mereka gaungkan ini dinilai sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka yang digagas Nadiem. Karena Merdeka adalah bebas kampus yang harus bebas dari kekerasan seksual.
 
"Namun, semangat bebas kekerasan seksual sama sekali tidak tercantum sebagai pilar untuk mewujudkan kampus menjadi ruang bagi kemerdekaan berpikir dan berkreasi,” kata koordinator aksi, Beng dalam siaran pers yang diterima Medcom.id, Jakarta, Senin 10 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aksi yang mereka lakukan ini memang sebagai bentuk solidaritas terhadapa kasus-kasus kekerasan seksual yang masih saja terjadi. Bahkan teranyar terjadi dugaan kasis kekerasan yang dialami oleh mahasiswi Universitas Negeri Padang.
 
Mereka juga geram dengan pihak kampus yang justru mengancam korban. Korban diminta mencabut laporannya, jika tidak akan dinyatakan sebagai Drop Out alias D.O.
 
“Bahkan korban kembali distigma, diminta mencabut laporan dan berisiko menerima serangan balik dari pelaku,” terangnya.
 
Untuk itu ia berharap Nadiem tegas, yakni dengan memecat dosen pelaku dugaan kekerasan seksual. Sementara untuk kampus, mereka meminta agar menyampaikan prmohonan maaf kepada korban karena telah mengabaikan kasusnya dan mencabut ancaman DO.
 
'Gerak Perempuan' dalam aksinya merias wajah mereka seperti bentuk telapak tangan, menunjukan pembungkaman terhadap kasus kekerasan seksual.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif