Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi
Ilustrasi. Foto: MI/Adi Kristiadi

Aktivitas Universitas di Internet Kunci Melesat di Webometrics

Pendidikan Pendidikan Tinggi Peringkat Perguruan Tinggi
Ilham Pratama Putra • 04 Februari 2020 15:19
Jakarta:Hadirnya perguruan tinggi di Internet menjadi kunci pemeringkatan atau ranking di Webometrics. Pasalnya Webometrics melihat jejak akademik sebuah universitas berdasarkan aktivitasnya di internet.
 
Pengamat pendidikan, Jamhari Makruf menyebut kehadiran dan visibilitas menjadi poin utama yang dipantau Webometrics. Untuk itu akhirnya Webometrics memaksa universitas untuk aktif dalam penggunaan teknologi.
 
"Kalau Perguruan Tinggi bisa memperbaiki IT-nya bisa perbaiki website-nya, dan meminta mahasiswa dan dosen untuk aktif memakai internet itu ranking-nya bisa gampang naik. Jadi itu mengapa Perguruan Tinggi lebih cendrung memperbaiki ranking Webo (Webometrics) daripada yang lain," kata Jamhari, kepada Medcom.id, Selasa, 4 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga menyebutkan, kelayakan tak hanya bagaimana cara kampus mengelola perkuliahan. Namun juga kuantitas jurnal yang diterbitkan.
 
"Kemudian aktivitas kampusnya apakah sudah pakai perkuliahan online, itu bisa ranking-nya tinggi. Terus juga ada impact apa kampus itu terhadap keilmuan. Juga kontribusi pada masalah sosial juga dilihat," ujar Jamhari.
 
Selain itu, kutipan dari ahli yang ada di kampus tersebut juga berpengaruh, ketika dimuat pihak lain dalam jurnal akademik atau dalam buku misalnya. Lebih lanjut, Direktur Sekolah Pasca Sarjana UIN Jakarta ini berharap kematangan universitas di internet juga akan menunjang kampus untuk semakin siap memasuki era revolusi industri 4.0.
 
"Saya kira ini adalah titik awal kampus bisa bersaing dalam industri 4.0. Karena salah satu kriteria 4.0 adalah saat dia bisa mengembangkan perangkat digital dalam perkuliahan, maka dengan sendirinya Webo-nya bakal naik dan akan bisa bersaing," tandas dia.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif