Kampus UNS. Foto: Dok.UNS
Kampus UNS. Foto: Dok.UNS

UNS Tak Menaikkan UKT Semester Depan

Pendidikan Pendidikan Tinggi Biaya Pendidikan
Ilham Pratama Putra • 24 April 2020 13:24
Jakarta: Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta tidak akan menaikkan besaran biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) di semester ganjil 2020/2021 mendatang. UNS masih menggunakan besaran UKT pada tahun ajaran 2019/2020.
 
"Tak ada kenaikan untuk biaya UKT," tegas Rektor UNS, Jamal Wiwoho kepada Medcom.id, Jumat 24 April 2020.
 
Namun, Jamal tak menyebutkan berapa besaran UKT secara rinci. Hanya saja ntuk Fakultas dengan biaya terbesar di UNS masih dipegang oleh Fakultas Kedokteran (FK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Paling tinggi di FK, rincian perhitungannya nanti ya," ujar dia.
 
Baca juga:UNS Cetak Dokter Afirmasi Pertama dari Papua
 
Terkait pembayaran UKT untuk semester baru, pihaknya juga akan memberikan keringanan UKT bagi mahasiswa yang perekonomian keluarganya terdampak pandemi covid-19. Jamal menyebut UNS memberikan beberapa ketentuan dalam membayar UKT.
 
"Jadi saya punya perangkat pengurangan, penundaan, pembebasan, pemindahan klaster UKT. Kita mengerti kondisi sulit saat ini, ya kalau mau mengajukan silakan diajukan, jadi tidak masalah," ungkapnya.
 
Namun pengajuan itu harus sesuai dengan kemampuan ekonomi mahasiswa berdasarkan pendapatan orang tua. UNS sendiri telah memiliki data tersebut.
 
"Kami kan punya data mahasiswa ini termasuk yang Bidikmisi, yang miskin, atau orang tuanya mampu. Untuk persetujuan UKT tentu kita lihat data tersebut," pungkas Jamal.

 

(CEU)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif