Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam. Foto: Zoom
Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam. Foto: Zoom

Diminati, Kemendikbudristek Tambah Kuota Kampus Mengajar Angkatan 3

Pendidikan Kampus Merdeka Mahasiswa Kampus Mengajar
Ilham Pratama Putra • 02 Desember 2021 13:09
Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) secara resmi telah membuka pendaftaran program Kampus Mengajar angkatan tiga. Pada angkatan ketiga ini, kuota yang disediakan akan diperbanyak dari angkatan sebelumnya.
 
"Angkatan kedua 20 ribu dan angkatan ketiga ini kita akan mengirim lebih banyak lagi," kata Plt. Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Nizam dalam Sosialisasi Program Kampus Mengajar Tiga, Rabu 1 Desember 2021.
 
Nizam mengungkapkan, jika pada angkatan pertama pihaknya mengirimkan lebih dari 10 ribu mahasiswa untuk menjadi tenaga pengajar di sekolah-sekolah di daerah 3T (tertinggal, terluar dan terdalam). Animo mahasiswa kian meningkat di angkatan ke dua, hingga mencapai 22 ribu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nizam mengatakan, bahwa penambahan kuota di angkatan ketiga ini merupakan respons positif dari keberhasilan Kampus Mengajar angkatan pertama dan kedua.  Lebih lanjut, Nizam menjelaskan Kampus Merdeka merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
 
Program tersebut memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama satu semester untuk membantu para guru dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam kegiatan belajar mengajar. Program ini memberikan banyak manfaat baik bagi siswa maupun mahasiswa yang menjadi pengajar.
 
"Bagi siswa program Kampus Mengajar ini dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi. Sementara bagi mahasiswa, program ini dapat dijadikan sebagai bekal bagi mereka yang ingin menjadi guru di masa depan," sebutnya.
 
Baca juga:  Pendaftaran Kampus Mengajar 3 Dibuka Hari Ini Loh! Catat Persyaratannya
 
Mahasiswa yang terlibat dalam Kampus Mengajar turut mendapat bantuan biaya hidup sebesar Rp1,2 juta per bulan dalam periode satu semester kegiatan tersebut. Selain itu peserta juga mendapat bantuan UKT sebesar Rp 2,4 juta yang akan dibayarkan langsung ke perguruan tinggi, biaya swab antigen, dana kedatangan sebesar Rp600 ribu, dan dana transportasi sebesar biaya tiket yang dikeluarkan untuk menempuh perjalanan.
 
Periode pendaftaran program Kampus Mengajar angkatan ketiga dibuka mulai sejak 25 November-10 Desember 2021. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/program/mengajar.

 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif